BUDIDAYA CABAI BERBUAH LEBAT ( SHYPOON )

@SLINGAFARM


Cabai shypoon termasuk golongan Capsicum frutescens atau cabai rawit yang memiliki tipe pertumbuhan meninggi ke atas dengan usia rata-rata cukup panjang.

Pohon cukup produktif dengan menghasilkan buah sekitar 6-12 di setiap tangkainya.



Benih cabe shypoon cocok ditanam di dataran rendah hingga tinggi, namun optimal pada daerah dengan ketinggian <500 mdpl. Informasi mengenai daya tumbuh menunjukkan hasil minimal 95% dengan kemurnian mencapai 98%. Vigor tanaman kuat, bercabang banyak dan mampu tumbuh hingga mencapai ketinggian 2 meter.




Tipe buah cabe shypoon menggantung ditopang oleh tangkai cabang dengan panjang buah sekitar 6-7 cm dan diameter buah berkisar 0,9-1,3 cm. Memiliki rasa sangat pedas dengan warna oranye merah saat matang dan hijau cerah pada saat buah masih muda. Buah shypoon bertipe cabai rawit dan menghasilkan sekitar 6-12 buah pada setiap tangkainya.


@SLINGAFARM



Keunggulan Cabai Rawit Shypoon

Potensi hasil tinggi

Cabai rawit shypoon memiliki jenis buah bertangkai yang memiliki potensi hasil yang tinggi, berbuah lebat dan percabangan banyak. Berdasarkan informasi perusahaan, produktivitas panen Rawit Shypoon berkisar 14-17 ton per hektar,  hasil yang sangat tinggi untuk golongan spesies C.frutescens.

Lebih tahan penyakit

Cabe shypoon juga lebih tahan terhadap penyakit virus dan antraknosa (patek). Dengan kelebihan ini, diharapkan potensi gagal panen dapat lebih diminimalisir. 

Tahan Banjir dan Kekeringan

Sudah ada bukti yang menunjukkan bahwa cabe shypoon cukup tahan terhadap banjir selama 1 minggu. Bukan bermaksud promosi tapi bisa anda lihat sendiri di video di bawah ini. Selain tahan banjir, PT Halbanero mengklaim Shypoon juga tahan terhadap kekeringan

Kelemahan Cabai Shypoon

Kekurangan cabai shypoon yang kami ketahui hingga saat ini yaitu harga benihnya yang cukup mahal bagi kalangan petani. Harga yang kami peroleh di toko-toko online bisa mencapai 130 ribu per pak kemasan 10 gram. Sedangkan di toko-toko pertanian konvensional benih cabe shypoon sangat sulit ditemukan, jikapun ada mungkin harganya akan lebih mahal.

Cabe rawit shypoon juga memerlukan pupuk kandang yang lebih banyak (2 kg per tanaman). Hal ini dikarenakan rawit shypoon memiliki percabangan vegetatif yang juga banyak. Apabila shypoon kekurangan pupuk, berdasarkan pengalaman petani maka potensinya belum dapat dimaksimalkan.


© Varietas Rawit Shypoon, Cabe Bertangkai dan Lebih Tahan Virus - Blog Seputar Pertanian
Source: https://www.yugosp.com/2018/06/varietas-cabe-shypoon-bertangkai.html


Belum ada Komentar untuk "BUDIDAYA CABAI BERBUAH LEBAT ( SHYPOON )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel