Buah Leci Bisa Di Budidayakan Di Indonesia

 Lici atau Leci adalah buah-buahan dari genus Litchi yang tergolong familia lerak-lerakan Sapindaceae. Pohon lici tumbuh di iklim tropis. Buah ini umumnya ditemukan di Tiongkok, India, Madagaskar, Nepal, Bangladesh, Pakistan, Taiwan bagian selatan dan tengah, Vietnam utara, Indonesia, Thailand, Filipina, Afrika Selatan dan Meksiko. Buah ini berbau wangi dan manis.( wikipedia )     Pohon leci mengembangkan mahkota dedaunan yang berwarna hijau cerah sepanjang tahun. Daunnya majemuk, terdiri dari dua hingga empat pasang selebaran eliptik hingga lanset yang panjangnya 50-75 mm (2-3 inci). Bunga-bunganya kecil dan tidak mencolok, ditopang dalam kelompok terminal longgar yang beragam, atau malai, kadang-kadang panjangnya 30 cm (12 inci). Buahnya berbentuk bulat telur, wana serupa stroberi dengan berwarna kemerahan, buahnya berdiameter sekitar 25 mm. Penutup luar yang rapuh meliputi aril berdaging putih tembus dan satu biji besar.
buah leci

wongtani.net - Lici atau Leci adalah buah-buahan dari genus Litchi yang tergolong familia lerak-lerakan Sapindaceae. Pohon lici tumbuh di iklim tropis. Buah ini umumnya ditemukan di Tiongkok, India, Madagaskar, Nepal, Bangladesh, Pakistan, Taiwan bagian selatan dan tengah, Vietnam utara, Indonesia, Thailand, Filipina, Afrika Selatan dan Meksiko. Buah ini berbau wangi dan manis.( wikipedia )


Pohon leci mengembangkan mahkota dedaunan yang berwarna hijau cerah sepanjang tahun. Daunnya majemuk, terdiri dari dua hingga empat pasang selebaran eliptik hingga lanset yang panjangnya 50-75 mm (2-3 inci). Bunga-bunganya kecil dan tidak mencolok, ditopang dalam kelompok terminal longgar yang beragam, atau malai, kadang-kadang panjangnya 30 cm (12 inci). Buahnya berbentuk bulat telur, wana serupa stroberi dengan berwarna kemerahan, buahnya berdiameter sekitar 25 mm. Penutup luar yang rapuh meliputi aril berdaging putih tembus dan satu biji besar.

Buah Leci Mulai Di Budidayakan di Indonesia

Dulu, boleh jadi, kita mengenal leci sebagai buah kaleng. Ya, leci seringkali dibeli dalam kemasan kaleng dengan rasa manis lantaran diawetkan dengan air gula. Keberadaan buah ini mulaih banyak di Indonesia, sebab dalam perkembanganya buah ini mulai di budidayakan di Indonesia.

Iklim yang pas membuat jenis pohon leci mudah di budidayakan di Indonesia, faktor iklim yang hampir sama dengan negri asal menyebabkan mudahnya pohon leci tumbuh di nusantara.




Leci bisa tumbuh dengan baik di udara sejuk dengan cukup banyak air. Namun, jangan biarkan air sampai menggenang. Dataran tinggi dengan ketinggian lebih dari 700 meter di atas permukaan laut merupakan daerah yang cocok untuk pertumbuhan leci. Adapun, suhu udara yang baik sekitar 90 C - 190 C selama musim hujan dan 250 C - 330 C selama musim kemarau. 

Ketika ingin menanam buah leci yang dimulai biji, maka perlu dilakukan dengan mengambil biji yang berasal dari buah leci yang sudah tua dan berasal dari silsilah pohon yang sehat dan juga berbuah lebat.

Langkah selanjutnya yaitu mengambil bijinya lalu melakukan penjemuran di terik matahari selama 1 hari untuk mengurangi kandungan kadar airnya.

Untuk mempercepat pada proses tunas, lakukanlah pendinginan biji leci seperti cara ketika menanam bunga mawar.

Biji leci kemudian ditempatkan pada kertas tissue dan kemudian diletakkan di lemari pendingin selama kurang lebih 3 hari (tetapi jangan di freezer).

Selanjutnya siapkan media untuk penyemaian menggunakan media polybag yang telah diisi dengan campuran tanah serta pupuk kandang.

Kemudian biji dikeluarkan dari dalam lemari pendingin lalu langkah selanjutnya yaitu menanam biji pada media semai yang sudah disiapkan.

Letakkanlah media semai di area yang cukup teduh, tetapi diusahakan tetap terkena sinar matahari.

Penyiraman dilakukan dengan menggunakan spray dengan tujuan menjaga kelembaban dari media semai dan membantu percepatan tunas.

Bibit buah leci harus dirawat secara baik agar mendapatkan bakal pohon yang sehat dan memiliki batang yang kuat.

Bibit dari hasil semai biji tersebut bisa ditanam di lahan tanam permanen jika tingginya sudah mencapai 50cm.

Cara Menyiapkan Lahan Tanam Untuk Tanaman Leci

Bagaimana si cara menyiapkan lahan untuk jenis tanaman leci ?

Tanaman buah leci ini sangat menyukai tanah dengan tipe gembur dan subur. Maka ketika menanam area harus ditentukan dengan tepat agar mendapatkan tanaman buah leci yang memiliki buah yang lebat.

Ketika ingin menanam tanaman buah leci di dalam pot ( tabulampot ), maka pot harus disiapkan dengan ukuran yang besar atau bisa juga memanfaatkan drum bekas yang telah dipotong, jika tidak gunakan platerbag besar.

Lalu isi pot atau planterbag dengan campuran tanah gembur serta pupuk kandang dengan volume perbandingan 1:1.

Jika ingin menanam buah leci didalam pekarangan rumah, maka pilih area yang paling subur, mendapat sinar matahari yang baik, dan juga tidak tergenang air ketika hujan.

Buat lubang tanam dengan ukuran sekitar 60cm x 60cm dan kedalaman 50cm. Isi lubang tersebut dengan pupuk kandang sampai 2/3 bagiannya terisi disarankan pupuk kandang yang telah terfermentasi atau sudah matang, agar kedepanya tidak membahayakn dan menyebabkan penyakit bagi tanaman leci kesayangan dulur.

Biarkan lubang tanam tersebut selama 2 minggu sebelum kemudian ditanami agar pupuk kandang bisa terserap dengan sempurna. 

Cara Penanaman Bibit Buah Leci

Bagaimana si cara penanaman bibit leci ?

Bibit buah leci hasil penyemaian biji bisa dipindahkan ketika telah mencapai sekitar 50cm.

Untuk memindahkan bibit kedalam lubang tanam (pot ataupun halaman rumah), maka perlu dilakukan penyiraman dahulu supaya memudahkan dalam melepas polybag semaian.

Robek polybag menggunakan pisau, lalu pisahkan bibit beserta dengan tanah semaian.

Masukkan bibit dalam pot ataupun lubang tanam yang sudah disediakan, kemudian tutup dengan menggunakan sisa tanah yang telah ada. Lalu lakukan penyiraman setelah bibit selesai ditanam.

cara perawatan tanaman buah leci
buah leci

Cara Melakukan Perawatan Tanaman Leci

Pada langkah perawatan tanaman buah leci cukup dengan melakukan penyiangan serta pemupukan ulang menggunakan pupuk kandang.

Pemupukan dianjurkan dilakukan tiap 3 bulan sekali pada 2 tahun awal supaya pohon leci cepat tumbuh.

Pemupukan bisa juga menggunakan pupuk kimia, namun dosisnya tidak perlu terlalu banyak dan jangan memupuk terlalu dekat dengan pangkal pohonnya. Berik jarak sekitar 20cm dari pangkal pohon buah leci.

Lakukan penyiraman sebanyak 2 kali dalam 1 hari pada awal masa tanam. Ketika musim hujan, penyiraman bisa dikurangi atau ditiadakan menyesuaikan tingginya curah hujan.

Kapan Masa Panen Buah Leci ?

Masa panen dari buah leci tepatnya sekitar 4-5 tahun setelah masa penanaman. Namun bibit buah leci yang telah banyak dikembangkan saat ini dapat menghasilkan buah pada umur kurang lebih 3 tahun.

Panen Buah Leci

Pemanenan buah leci bisa dilakukan dengan memotong tangkai buahnya. Buah leci yang matang akan terasa lebih lunak ketika ditekan.

Supaya yakin saat melakukan pemanenan sebaiknya ambil sampel buah untuk dites tingkat kematangannya.

Sumber referensi : tipspetani.blogspot,com

Belum ada Komentar untuk "Buah Leci Bisa Di Budidayakan Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel