Harga Timun Terus Merangkak Naik Selama 2 Bulan Terahir di Tahun 2019 ini

Mentimun, timun, atau ketimun (Cucumis sativus L.; suku labu-labuan atau Cucurbitaceae) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya. Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta banyak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.  Habitus mentimun berupa herba lemah melata atau setengah merambat dan merupakan tanaman semusim: setelah berbunga dan berbuah tanaman mati. Perbungaannya berumah satu (monoecious) dengan tipe bunga jantan dan bunga hermafrodit (berkelamin ganda). Bunga pertama yang dihasilkan, biasanya pada usia 4-5 minggu, adalah bunga jantan. Bunga-bunga selanjutnya adalah bunga hermafrodit apabila pertumbuhannya baik. Satu tumbuhan dapat menghasilkan 20 buah, namun dalam budidaya biasanya jumlah buah dibatasi untuk menghasilkan ukuran buah yang baik.  Buah berwarna hijau ketika muda dengan larik-larik putih kekuningan. Semakin buah masak warna luar buah berubah menjadi hijau pucat sampai putih. Bentuk buah memanjang seperti torpedo. Daging buahnya perkembangan dari bagian mesokarp, berwarna kuning pucat sampai jingga terang. Buah dipanen ketika masih setengah masak dan biji belum masak fisiologi. Buah yang masak biasanya mengering dan biji dipanen, warnanya hitam.
tanaman mentimun

Wongtani.net - Petani merasa bahagia dengan terus naiknya harga timun di tingkat pengepul maupun pedagang eceran.

Semenjak syawal tahun 2019 ini harga timun terus meroket, sampai hari ini dilaporkan harga mentimun di tingkat pengepul mencapai Rp. 5000 per Kg.

harga yang sangat lumayan tinggi buat tanaman ini, harga timun sempat mencapai kisaran 6000-7000 / kg beberapa minggu kemarin. 

Kenaikan harga membuat para petani bisa tersenyum bahagia, setelah mengalami anjlognya berbagai harga sayuran awal tahun ini.

Untuk penanaman 10 hari sebelum Idul Fitri kemarin banyak yang mengalami keuntungan besar, buah mentimun tergolong buah yang memiliki bobot sehingga kisaran harga 5.000 akan sangat membantu secara cepat keuntungan para petani.

Harga Timun Terus Merangkak Naik Selama 2 Bulan Terahir di Tahun 2019 ini
petani mentimun sukses - Tarlim ( Sumber Fb Tarlim )

Setiap daerah mempunyai patokan harga yang berbeda - beda untuk mentimun, beberapa hari yang lalu di daerah kebumen Jawa Tengah saja bisa mencapai Rp.10.000 / Kg.


Belum ada Komentar untuk "Harga Timun Terus Merangkak Naik Selama 2 Bulan Terahir di Tahun 2019 ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel