Pembuatan Tandon Air Solusi Pengairan di Musim Kemarau

Pembuatan Tandon Air Solusi Pengairan di Musim Kemarau
tandonair desa slinga

Wongtani.net - Musim kemarau identik dengan kurangnya pasokan air, hal ini sangat dirasakan oleh sebagian petani jika wilayahnya sangat sulit untuk mendapatkan sumber air.

Kekeringan dikarenakan kemarau semenjak mei 2019 ini sangat dirasakan oleh petani di berbagai daerah, salah satunya para petani di daerah Slinga Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah.

Sebenarnya di daerah ini terdapat bendung Slinga yang mampu mengairi luas wilayah persawahan. Akan tetapi wilayah yang menjadi tempat adanya bendungan tersebut justru sangat minim dengan ketersediaan air, sebab air dari bendungan tersebut hanya dapat mengairi wilayah yang berada di bagian bawah bendungan saja.

Akan tetapi dengan keterbatasan sumber air justru membuat salah satu petani muda di daerah slinga mempunyai ide kreatif dengan membuat tandon - tandon air di sekitar lahan pertanianya.

Air tersebut didapat dari aliran sungai kecil yang ada di bawahnya, dengan cara di bendung dan diangkat dengan cara disedot dengan mesin pompa penyedot air.

Jelas disini biaya semakin bertambah untuk operasional, akan tetapi jika tidak dengan cara tersebut, maka akan sia - sia lahan yang sudah di olah sebelumnya tanpa da tanaman di lahan tersebut.

tandon air tersebut sangat membantu sebagai pasokan air untuk penyiraman rutin dan penyepraian pesnab maupun pupuk cair.

Bak atau tandon air dibuat dari alas plastik mulsa atau palstik UV yang kedap air, sehingga kolam - kolam penampungan air ini bisa terus terisi air, proses pengisian tandon dilakukan setiap satu minggu sekali.

#tandonair #pertanianindonesia #wongtani.net

Belum ada Komentar untuk "Pembuatan Tandon Air Solusi Pengairan di Musim Kemarau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel