Teknologi Baru Dunia Pertanian Lada Sambung Melada Mengatasi Busuk Pangkal Batang

Teknologi Baru Dunia Pertanian Lada Sambung Melada Mengatasi Busuk Pangkal Batang
lada sambung melada

Wongtani.net - Penyakit pada lada yang menjadi momok para petani lada salah satunya adalah Busuk Pangkal Batang ( BPB ). Penyakit tersebut merupakan ulah jamur Phytopthora Capsici yang merupakan jenis jamur merugikan bagi tanaman.

Jamur ini dapat menyerang semua bagian tanaman lada. Serangan paling berbahaya dan mematikan tanaman apabila jamur menginfeksi pangkal batang atau akar tanaman.

Jika jamur ini menyerang, maka akan cepat mematikan tanaman lada biarpun tanaman tersebut sudah berumur lama.

Banyak cara yang sudah dilakukan petani lada, dari olah lahan sesuai SOP, pemberian pupuk organik padat yang terfermentasi, perbaikan pola drainase akan tetapi itu hanya berupa penanganan preventif atau pencegahan saja.

Jamur ini akan cepat menyebar cepat dimusim penghujan dengan terbawa percikan air hujan, akan parah jika sistem pengaturan guludan antar tanaman dan sistem drainase pada got - got aliran air tidak teratur, dan menyebabkan air tergenang.

Tanah dengan kondisi rawa akan sangat sulit ditanami tanaman lada dengan melihat kondisi tersebut. Ancman BPB pun akan lebih besar. Akan tetapi keterbatasan itu justru memicu kreatifitas warga sambas kalimantan untuk tetap membudidayakan lada dilahan rawa dengan sistem lada sambung. Ternyata usahanya tidak sia-sia, tanaman lada didaerah tersebut di sambung dengan tanaman lain yang tahan terhadap genangan air.

Sistem sambung dilakukan dengan tanaman " Melada " bahasa mereka. Tanaman  yang mereka sebut melada ternyata jenis tanaman dari amerika latin tepatnya tanaman endemik dari hutan Amazon. Tanaman ini mempunyai nama latin " Pipper Colobrinum " satu jenis dengan Lada atau Merica ( Piper nigrum ).


Pipper Colobrinum
sumber-wikimedia common
Dari hasil ujicoba yang telah dilakukan memang luar biasa, sistem sambung mampu mengatasi lada dari penyakit busuk pangkal batang.


Teknologi Baru Dunia Pertanian Lada Sambung Melada Mengatasi Busuk Pangkal Batang
lada sambung melada ( pipper colobrinum )
Dari hasil ujicoba yang dilakukan wongtani dilapangan, ternyata memang benar, dengan perbandingan tanaman lada yang batang bawah disambung dengan melada, dengan tanaman lada tanpa sambung. Menunjukan bahwa tanaman lada sambung lebih tahan terhadap jamur terbukti dengan curah hujan tinggi tetap bertahan kokoh tanpa adanya kendala busuk batang. Berbeda dengan yang tidak disambung akan cepat terserang busuk pangkal batang.


Mengembang Biakan Tanaman Melada

Jenis tanaman ini memang sangat mudah tumbuh, apalagi jika pasokan air banyak, melada juga tahan di daerah kering. Melada memiliki 2 Jenis akar... Yaitu akar serabut dan tunggang. Dari atas pangkal batang akan muncul akar - akar gantung pendek dan kokoh membentuk akar tunggang. Sehingga tanaman ini akan mudah hidup dan bertahan dikarenakan jangkauan penyerapanya jelas akan lebih banyak.

Jika dulur ingin membiakan tanaman ini, cukup dengan cara stek batang. 

tancapkan dalam polybag yang berisi tanah atau langsung ketanah, beberapa minggu kemudian akan muncul tunas - tunas baru..


Proses Penyambungan Dengan Lada

Tidak berbeda dengan sistem sambung tanaman lainya, disini melada dijadikan tanaman bawah kita ambil ketahanan di akar dan kekokohan tanaman, sedangkan lada atau merica kita ambil batang atas.

Penyambungan dengan melada bisa diperuntukan untuk tujuan pembiakan lada perdu dan pembiakan lada panjat. Keduanya bisa dilakukan penyambungan dengan melada.

Keuntungan Sambung Melada

Teknologi Baru Dunia Pertanian Lada Sambung Melada Mengatasi Busuk Pangkal Batang
batang bawah melada-sambung atas lada (merica )

Tanaman lada lebih tahan terhadap penyakit
Tahan dengan genangan air
batang bawah lebih kokoh dan kuat
Mengurangi kerugian petani dari matinya tanaman lada.

itulah sedikit penjelasan tentang teknologi sambung lada dengan tanaman melada. Sebagai solusi mengatasi Busuk pangkal Batang pada tanaman lada yang selama ini menjadi momok kerugian petani dengan matinya tanaman lada miliknya.

Artikel ini akan terus dikembangkan, membahas lebih jauh tanaman melada dan sistem sambung melada.

#melada #ladasambung

Belum ada Komentar untuk "Teknologi Baru Dunia Pertanian Lada Sambung Melada Mengatasi Busuk Pangkal Batang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel