Tips Agar Bunga dan Buah Jambu Air Madu Deli Tidak Rontok

Daftar Isi

Buah Jambu Air Madu Deli - sumber IG


Wongtani.net - Bagaimana Si Agar Bunga dan Buah Jambu Madu Deli Tidak Rontok? Ok lur Jambu Air Madu Deli itu memang sering sekali lho... mengalami kejadian rontoknya bunga dan bua. Namun bukan berarti karena hal tersebut kita biarkan dan terkesan menyerah dalam merawatnya, berjuang dong untuk mengatasi agar jambu air Madu Deli tetap tidak rontok dan berbuah lebat.



Kerontokan pada bunga, buah serta daun pada tanaman buah jambu air madu deli disebabkan oleh beberapa faktor tentunya. Kita seharusnya dapat menelusuri lho lur penyebab dari rontoknya bunga, buah dan daun Jambu air Madu Deli, Setealh kita telusuri barulah kita dapat lakukan perawatan sehingga nantinya Jambu Air Madu Deli yang sedang kita rawat tidak lagi rontok bunga maupun buah yang kita nantikan.

Ada beberapa penyebab rontoknya jambu air madu deli antara lain :

1. Dikarenakan Masalah Fisik Tanaman

Biasanya pada musim penghujan dengan intensitas yang cukup tinggi dapat menyebabkan rontoknya buah atau bakal buah rontok dalam pasca persarian. Disaat kondisi basah karena hujan , benangsari atau alat kelamin jantan pada bunga mengalami lengket satu sama lain dikarenakan terikat oleh air hujan, sehingga benangsari tersebut tidak bisa bertemu serta membuahi kepala putik atau alat kelamin betina pada bunga jambu madu deli yang kita miliki lur....
    Sebetulnya tidak pada musim penghujan saja, pada musim kemaraupun, suhu panas yang ekstrim disertai dengan pengaruh kelembaban yang rendah di siang hari, menjadi faktor fisik penyebab kegagalan persarian, karena pada suhu ekstrim, viabilitas atau daya hidup dan vigor benangsari menjadi sangat rendah (singkat) sehingga sulit bagi benangsari untuk tetap viabel dan membuahi kepala putik.

    Akibat kedua penyebab utama ini, bunga akhirnya layu dan gagal membentuk bakal buah karena proses persarian bunga tidak berlangsung secara normal.

    2. Karena Faktor Nutrisi

    Kekurangan air dan nutrisi tentu akan memiliki pengaruh besar terhadap pertumbuhan tanaman Jambu air Madu Deli. Terlebih lagi Tanaman Jambu Air yang ditanam pada pot, tentu faktor nutrisi sangat terbatas dan tergantung pada pemiliknya. Inilah yang perlu diantisipasi agar tanaman Jambu air tidak rontok.

    Nutrisi yang diperlukan tanaman Jambu Air Madu Deli adalah Natrium (N), fosfat (P) dan kalium (potassium = K). Pemberian pupuk yang mengandung kalium harus dilakukan seawal mungkin, sebelum pembungaan berlangsung dan pasca persarian selesai sehingga pemanfaatan unsur hara oleh tanaman dapat terjadi secara optimal.

    Jika kandungan kalium dalam tanah sangat terbatas, maka kerontokan buah akan menjadi lebih banyak. Kerontokan buah ini akan semakin parah jika pasokan air dari dalam tanah ke tanaman juga terbatas

    3. Dikarenakan Adanya Hama dan Penyakit

    Hama dan penyakit banyak menyerang pada Tanaman Jambu Air, yang mengakibatkan kerontokan pada daun,bunga dan buah. Hama-hama pada tanaman Jambu air ini umumnya menyerang, dimulai pada saat pembentukan kelopak bunga hingga pembentukan bakal buah pasca persarian bunga. Beberapa hama berwujud ulat yang memakan bakal buah yang baru terbentuk, hama penggerek berupa serangga yang menghisap cairan sel bakal buah yang baru terbentuk, serta beragam jenis kutu penghisap cairan sel yang mengeluarkan sejenis madu yang disukai oleh semut.

    4.Pencegahan Agar Jambu Air Tidak Rontok

    Untuk mencegah dan mengatasi tanaman jambu air tidak rontok cukup sederhana. Beberapa langkah mencegah dan mengatasi buah jambu air rontok adalah sebagai berikut:

    1. Menjaga agar tanah di sekitar tanaman selalu poros, supaya air tidak gampang menggenangi tetapi juga tidak cepat mengering. Jangan lupa untuk melakukan penyiraman secara teratur, kecuali pada saat musim penghujan.
    2. Memberi pupuk yang mengandung unsur N, P, dan K yang seimbang
    3. Cukup Kebutuhan Hara makro-mikro tanah dengan aplikasi pupuk organik.
    4. Melakukan Pemangkasan agar tidak terlalu rimbun/lebat.
    5. Pemberantasan Penyakit

    Pada jambu air Madu, hormon diproduksi tepung sari ketika persarian. Produksi hormon itu akan berkurang jika tanamannya terserang penyakit. 

    Kekurangan hara (pupuk) atau gangguan lain. Jika produksi hormon berkurang, bunga atau buah yang sudah terlanjur tumbuh akan mudah rontok karena tumbuhnya callus pada bagian ujung tangkai buah yang menempel pada cabang atau ranting tanaman. 

    Callus adalah kulit baru yang memisahkan tangkai buah dengan cabang atau ranting tempat ia menempel. Karena dipisahkan oleh callus, buah jambu air akan mudah rontok.



    Posting Komentar