3 Tahun Bertani Jambu Kristal dan Bangkok : Sekarang Pemuda Ini Berpenghasilan 24 Juta Perbulan

jambu biji
jambu biji

Wongtani.net - Pemuda yang satu ini hasilkan 24 Juta Perbulan hanya dengan bertani jambu biji varietas Bangkok dan Kristal. Ramadhan Fitra pemuda asal lampung bisa dijadikan inspirasi bagi pemuda lain di seluruh nusantara. Berkat kegigihanya dalam bertani di tahun ke-3 dia bisa membuktikan akan kerja kerasnya, karena keuletan dan ketelatenan dalam merawat kebun jambunya kini fitra bisa memetik hasilnya dengan mendapatkan penghasilan 24 Juta dalam satu bulan.
Jambu biji baik bangkok maupun kristal merupakan jenis jambu biji yang digemari oleh masyarakat. Khusus Jambu kristal yang bertekstur renyah dan tidak berbiji menjadikan keunggulan jambu ini menjadi salah satu buah favorit yang dapat bersaing dengan buah impor seperti apel dan pear.

Melihat kondisi tersebut, jambu kristal berpeluang menggantikan ketersediaan pir dan apel yang selama ini banyak diimpor dari luar negeri. “Tingginya nilai impor kedua buah tersebut diperkirakan bernilai Rp 6,9 triliun pada 2018 adalah peluang pasar yang seharusnya dapat dimanfaatkan oleh para petani dalam negeri untuk memaksimalkan produksi jambu kristal,” jelas Yanti. “Dengan pemeliharaan yang baik, jambu kristal dapat dipanen sepanjang tahun sehingga dapat tersedia di pasar tanpa mengenal musim,” tambahnya. dilansir dari holtikultura.pertanian.go.id


Dari alasan di atas Ramadhan Fitra pemuda asal tanggamus membidik peluang tersebut dan terjun menjadi petani jambu biji bangkok dan kristal.

Ramadhan Fitra memulai usaha tersebut dari 4 Tahun yang lalu, di tahun - tahun awal dengan lahan seluas 1 Ha belum begitu terasa hasilnya. Di tahun ke 3 Barulah dia bisa merasakan Berkah dari bertani jambu biji yang digelutinya.

petani muda sukses bertani jambu kristal
petani muda sukses bertani jambu kristal

"Sebenernya dari tanam sampai berbuah 8 bulan pun sudah bisa berbuah, akan tetap batang daji jambu tersebut belum mampu menopang banyaknya buah, akibatnya banyak yang patah " Kata Fitra kepada wongtani saat wawancara.

Fitra mengatakan untuk jambu kristal dan bangkok waktu yang paling tepat untuk pembuahan adalah di umur 1, 5 Tahun setelah tanam. Saat itulah batang-batang sudah mulai kokoh. Akan tetapi secara buah belum full maksimal. Maksudnya apa, setiap batang diharapkan tidak dibuahkan semua, supaya tidak mengalami patah batang saat buah sudah besar. Yang ke dua proses pengurangan buah diharapkan buah yang di tinggal jadi bisa lebih maksimal dalam berkembang. Barulah di umur 2 Tahun bisa mulai di buahkan semua.

Ramadhan fitra menerapkan SOP penanaman jambu kristal dengan menggunakan jarak tanam idela 3 x 3 Meter atau 3 x 4 Meter antar pohon, adapun kedalaman lobang tanam adalah 50 cm x 50 cm x 30 cm ( dalam ).

Lahan yang di kelola fitra seluas 1 ha, dengan luas lahan tersebut bisa ditanami lebih kurang 1000 batang pohon jambu. Kata fitra jika jumlah pohon seperti yang wong tani tulis diatas di umur 2 - 3 Tahun dengan perawatan normal, dapat menghasilkan 50 - 70 Kg / Tahunya.

Untuk jambu bangkok sendiri berat per biji kurang lebih 8 Ons - 1 Kg. Untuk harga di tingkat petani, kualitas super diharga Rp. 3.000 - Rp. 5.000. 

berat jambu biji sampai 1 kg
jambu biji kualitas super

" Jambu adalah komoditas unggulan, jadi bisa di panen setiap minggunya, tinggal bagaimana cara pemangkasanya, harus tahu mana yang harus di pangkas dan bisa berbuah terus menerus " kata fitra dalam sesi wawancara bersama kami.

Fitra mengatakan jika dalam 1000 batang pohon misal dalam sekali panen setiap minggunya per pohon diambil 2 Kg saja maka akan menghasilkan lebih kurang 2 Ton dalam setiap panenya. Jika dikalikan dengan harga tersendah saja yaitu Rp. 3.000 / kg, Maka setiap minggunya dia bisa mendapatkan penghasilan kotor sebesar 6 Juta rupiah, itu adalah pendapatan tersendahnya dan masih kotor. Apabila sedang diharga Rp. 5.000 sudah bisa di hitung perminggunya 10 juta pun bisa didapatkan.

Maka dalam satu bulan fitra bisa meraup pendapatan kotor sebesar 24 Juta. Dengan estimasi harga tersendah setiap Kg nya dan pemetikan hanya 2 Kg / pohonya.

panen jambu kristal
panen jambu kristal

Kini fitra merangkul petani jambu sekitar untuk dijadikan mitra, dia membeli juga dari petani lain. Sudah ada 20 Ha kebun mitra yang ada dibawah dia.


Untuk perawatan sendiri menurut fitra tidak jauh berbeda dengan sistem perawatan pada tanaman kopi, hanya sistem pemangkasan tunas, yaitu cabang air, cabang balik dan yang diperkirakan tidak berbunga.

Sedangkan penanganan agar jambu tetap mulus, harus dilakukan pembungkusan buah.

Fitra pun mengatakan siap bermitra dengan petani lain yang gterpenting masih di wilayah tanggamus, Provinsi lampung tutur beliau.

pengepakan jambu kristal
pengepakan jambu kristal

Berkat kreatifitas, keuletan ketekunan dan kerja kerasnya selama ini, sekarang dia bisa mempekerjakan para tetangganya di kebun miliknya, serta dalam pengepakan buah dan pengiriman barang. 






Belum ada Komentar untuk "3 Tahun Bertani Jambu Kristal dan Bangkok : Sekarang Pemuda Ini Berpenghasilan 24 Juta Perbulan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel