5 Usaha Pertanian Yang Paling Menjanjikan

wongtani.net - Bicara tentang peluang usaha, jarang yang membahas usaha di bidang pertanian. padahal ada beberapa jenis usaha bidang pertanian yang paling menguntungkan. Inilah 5 deretan jenis usaha pertanian yang paling menguntungkan menurut wongtani.net.

Mengapa dikatakan menjanjikan maupun menguntungkan, wongtani menyoroti dari nilai hasil yang didapatkan dari jenis usaha ini. Semua wongtani rangkum berdasarkan pengamatan dilapangan dan pengalaman.

Langsung saja berikut usaha bidang pertanian yang paling menguntungkan dan menjanjikan bisa untuk inspirasi dikala sobat tani ingin membuka usaha atau memulai usaha pertanian.

1. Penjualan Bibit Lada

bibit lada
sumber : ig @suburtani

Banyak orang yang bingung mengawali sebuah usaha, baik mengawali usaha kecil maupun skala besar. Mendapatkan ide untuk sebuah usaha dibutuhkan berbagai pertimbangan, baik kemampuan dibidang tersebut, modal dan faktor penunjang lainya. Padahal kita sudah berada di era moderen, yang sangat mudah mengakses berbagai informasi, seharusnya kesempatan untuk belajar berbagai bidang lebih mudah seperti sekarang ini bisa kita manfaatkan. Jadi pada intinya tidak usah bingung jika belum memiliki kemampuan disuatu bidang, awali dulu dengan rasa senang, apa yang bisa membuat sobat senang, ambil hobi tersebut menjadi peluang untuk mendapatkan keuntungan. 

Seperti yang sobat tani jumpai disalah satu desa dikecamatan Kejobong, Purbalingga. Berawal dari hobi bertanam anak muda ini sukses dengan usaha bibit ladanya, yang ia tekuni selama beberapa tahun terahir. Puluhan bahkan ratusan ribu polybag bibit lada dari penangkaran bibit yang ia kelola sudah sampai keberbagai pelosok di negeri ini. Puluhan bahkan ratusan juta sudah ia dapatkan dari uasaha pembuatan bibit lada. 

Ada dua jenis bibit dalam pembuatan bibit lada ( perdu dan sulur ). Dari sisi harga sebenarnya untuk beberapa varietas tidak terlalu mahal, akan tetapi ada varietas tertentu yang mahal dikarenakan sumber bibit yang jarang.

Walau dilapangan harga biji lada kering baik hitam maupun lada putih masih turun, tapi tidak mengurangi minat konsumen bibit untuk membeli bibit yang bagus dari penangkaran yang tersertifikasi resmi tentunya.

2. Budidaya Vanili

tanaman vanili
tanaman vaili sumber - @mas_menk

Kalau bicara soal vanili, kayaknya sangat beruntung sekali buat para petani vanili yang sudah menanam tanaman ini sejak lama, sebab harga vanili kering dipasaran untuk saat ini bisa mencapai harga fantastis ( 3 Jutaan / Kg ). 

harga vanili kering oktober
harga vanili

Harga tinggi vanili bertahan sudah beberapa tahun ini, kemungkinan harga bagus untuk tanaman ini akan berlangsung lama, disebabkan tanaman inipun sekarang sudah sangat jarang sekali ditemui, terutama di pulau jawa.

Sentra budidya vanili tersebar diseluruh Indonesia, ada 12 Wilayah sentra vanili di Indonesia, antara lain Banyuwangi ( Jatim ), Lampung, Sumedang, Pati, Sumatera Utara, NTT, Ambarawa, Temanggung, Wonosobo, Jogjakarta, Sulawesi, Papua. Dan kemungkinan masih ada beberapa daerah yang belum wongtani sebutkan.

Selain buah vanili, peluang jual beli bibit vanili polybag maupun sistem meteran juga sangat menjanjikan jadi bisa deh dijadikan list daftar usaha. Cari dulu informasi terkait vanili, masuk di group - group media sosial, banyak sob yang membahas tentang vanili, didalamnya banyak pakar - pakar di bidang vanili tentunya.

3. Budidya Cabai

budidaya cabai
cabai kereiting merah ( cmk )
Sebagian besar masyarakat Indonesia mengkonsumsi cabai, bisa dalam bentuk sambal, salah satu bagian dalam masakan maupun dalam olahan lain, tingginya kebutuhan cabai di Indonesia kadang memicu tingginya harga cabai dipasaran, dikala produksi cabai di sentra - sentra cabai menurun.

Peluang usaha budidaya cabai masih menjadi pilihan banyak orang, karena harganya yang sering tinggi, tahun ini saja disaat awal tahun menurun tajam, dipertengahan tahun justru meningkat tak kira - kira sampai menyentuh harga Rp. 50,000 / Kg khusus CMK, begitu juga jenis cabai lainya.

Faktor harga yang cenderung selalu tinggi maka budidaya tanaman cabai menjadi salah satu jenis usaha di bidang pertanian yang menjanjikan bagi petani.

4. Budidaya Pisang


Budidaya pisang menjadi salah satu pilihan buat sobat yang masing merencanakan usaha bidang pertanian, selain menanam sendiri bermitralah dengan lingkungan ajak warga sekitar menanam jenis pisang yang sangat dibutuhkan di pasaran, cari perusahaan yang bersedia menampung produk kita.

Dibuktikan oleh pemuda lampung dengan bertani pisang dia bisa sukses, muda sukses dan semangat.

Intinya tekun jika ingin terjun di bidang pertanian, dan maulah untuk belajar. Rajinlah mencari ilmu baru dan terus pelajari kelemahan dan keunggulanya.

Dengan tingginya kebutuhan buah yang satu ini, maka sangat wongtani rekomendasikan untuk sobat sebagai jenis usaha pertanian yang sangat terekomendasi.

5. Budidaya Sayur Organik



Jenis sayur organik memang tidak semua orang mau mebelinya, memang setiap barang ada tempat pemasaranya tersendiri, kalau sayur yang dijual dipasar tradisional yang umum kita beli, kadang masih banyak yang menggunakan bahan - bahan kimia dalam pola budidayanya, sebenarnya secara kesehatan kurang bagus jika kandungan kimia / racun didalamnya tinggi.

Sebagian orang sudah banyak yang memperhatikan masalah tersebut dan beralih ke jenis sayur organik. Kesadaran akan hal itu menjadi peluang besar bagi pembudidaya sayuran secara organik.

harganya memang lebih mahal dibandingkan sayur pada umumnya, sebab proses perawatan akan lebih " ndiker " dan semua bahan diluar pestisida kimia dalam perawatanya.

Beberapa rumah makan / restoran, supermarket, hotel dan perorangan sudah banyak yang menggunakan sayur organik sebagai bahan makanan didalam dapurnya.

maka peluang besar terbuka untuk usaha pertanian yang satu ini.


Belum ada Komentar untuk "5 Usaha Pertanian Yang Paling Menjanjikan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel