Menanam Pohon Buah Langka " Mundu " Dalam Pot

Buah Langka " Mundu "
Buah Langka " Mundu "

wongtani.net - Bersyukur bisa mempunyai koleksi tabulampot buah asli Indonesia yang satu ini, yang keberadaanya sudah mulai jarang. Buah "Mundu" namanya, Salah satu buah khas Indonesia yang hampir hilang keberadaanya.

Buah Mundu Juga di kenal sebagi Apel Jawa, Buah muandu termasuk golongan buah minor ( yang kurang penting keberadaanya ). Akan tetapi sejuta kenangan ada tentang buah ini.

Semasa kecil pohon buah Mundu banyak mimin jumpai disekitaran rumah, kini keberadaanya hampir punah, Sekian lama mencari akhirnya dapet penjual bibit tanaman yang satu ini.

Agar perawatanya bisa terkontrol, maka mimin coba budidaya buah langka yang satu yaitu Mundu.

Buah mundu memang kerabat Buah mangis, dari tekstur daunya saja hampir mirip.

Oya sob, tanaman ini kalau di Indonesia tumbuh di Pulau Jawa dan Kalimantan, sedangkan di ASIA TENGGARA ada di Thailand dan Filiphina.

Tanaman buah ini sangat mudah tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 500mdpl sob.

Kalau dalam habitat aslinya tinggi pohon mundu bisa mencapai 20 meteran, sedangkan buahnya kalau masak berwarna kekuningan bahkan hampir mendekati orange.


Tanaman buah ini bisa produksi antara 1-2 Tahun, dan bisa di tanam juga di dalam pot ( tabulampot ).

Penanaman mundu dalam pot

Rekomendasi ukuran pot di sarankan lebih dari 60 cm sob, bisa pot, planterbag, atau lainya. Setiap pot atau lubang tanam isi dengan kompos 1-2 kg, yang jelas media tanam harus gembur. Untuk penyiraman cukup 1 hari 1 kali tidak masalah. Untuk kebutuhan sinar matahari tanaman ini memerlukan 6-8 jam dalam satu hari sob. Untuk pupuk bisa menggunakan NPK rentang 1 bulan 1 kali tidak jadi masalah, dan rawatlah sekitar pot dengan rutin membersihkan gulma disekitar pohon.

Saat mimin kecil sering sob memetik buah mundu, saat dah setua ini kangen rasanya sama buah yang satu ini, saking kangenya pengin juga memiliki tanaman ini didepan rumah, akhirnya setelah mencari dapet tu bibit sambung buah mundu dari malang. Moga aja cepet berbuah walau dalam pot.

Manfaat Buah mundu

Ternyata buah mundu juga kaya manfaat sob, adapun berbagai khasiatnya antara lain bisa menurunkan demam dan anti inflamasi, bisa mengatasi gondok dan pembekakan, dapat mengatasi baumulut dan sari awan,anti malaria, mengatasi nyeri dan penyembuhan luka.

dari uraian diatas, mimin bisa menyarankan agar sobat tani maupun pehobi tabulampot mengkoleksi tanaman yang satu ini. itulah uraian singkat dari kami tentang pohon legend yang sering ditemui oleh generasi 90-an yaitu pohon buah mundu. Yang bisa ditanam di dalam pot.

Belum ada Komentar untuk "Menanam Pohon Buah Langka " Mundu " Dalam Pot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel