Budidaya Tanaman Buncis Agar Berbuah Lebat

wongtani.Sebagai ibu rumah tangga, tidak asing dengan sayur yang satu ini, buncis namanya. Wongtani akan bahas bagaimana caranya Budidaya Tanaman Buncis Agar Berbuah Lebat. Buncis ( Common bean ) termasuk golongan Legume menalaceae. Tanaman Buncis bagus pada iklim sedang dan tidak tahan terhadap panas. Tanaman buncis terdiri dari dua jenis, yang pertama yaitu tanaman buncis pendek bagus di tanam saat kemarau maupun daerah yang sulit mendapatkan lanjaran, dan Buncis jenis merambat dapat ditanam dimana saja dan saat musim hujan.



budidaya buncis agar berbuah lebat
tanaman buncis


Syarat Tanaman Buncis Dapat Tumbuh


Iklim dan Tanah

Tanaman buncis suka pada iklim sedang, sejuk dan tanaman buncis tidak suka dengan iklim yang terlalu dingin maupun panas. Suhu optimum perkecambahan yaitu 20 - 25 derajat celcius, sedangkan suhu optimum pertumbuhan adalah 15 - 25 derajat celcius, tanaman ini akan mengalami pertumbuhan yang terhenti tatkala suhu mencapai 10 derajat celcius. 

Keterpaparan Cahaya matahari dalam sehari sangat berpengaruh besar terhadap pembentukan polong buncis, buncis sangat suka dengan ( daylight ) penyinaran sinar matahari dalam sehari yang pendek atau sedang. Saat mengalami daylight pendek justru buncis akan berbunga dan membentuk polong yang lebih banyak.

Tanaman buncis cocok pada tanah gambut berpasir yang kaya unsur organik dan dengan sistem drainase yang sempurna.

Kalau tanaman pasir gimana "tan"....?
Kalau tanah pasir kurang begitu cocok untuk tanaman buncis sob, karena buncis tergolong tanaman berumur pendek dan produksinya pendek.

Tanah dengan Ph 5,3 - 6,3 cocok untuk tanaman buncis...

Sebelum tanam cek dulu tanahnya sob, pakai PH meter hehe..

Akar tanaman buncis memang tahan lembab, tapi tidak akan tahan dengan genangan air sob...

Jika kadar air dalam tanah lebih dari 70 % maka perakaran tanaman buncis tidak akan tumbuh merata.

Jika kadar air tanah dibawah 50% pertumbuhanyapun tidak sempurna, ditambah lagi akan mudah terserang hama cabuk..

Kadar air yang pas adalah 65 % agar tumbuh dengan baik dan maksimal.


Budidaya Tanaman Buncis

Olah Tanah

Buat bedengan dengan lebar 150 cm termasuk parit, masukan pupuk dasar ( berupa kompos,kotoran kambing, ayam, sapipada bedengan atau guludan aduk dan campur dengan tanah.

jika ingin diberi pupuk anorganik berilah phonska + sp36 sebar rata, jangan terlalu banyak, dibuat rata saja diatas bedengan kemudian tutup kembali dengan tanah.

Baru tutup dengan mulsa bisa menggunakan plastik mulsa maupun damen, lobangi mulsa, kemudian tanami.

Proses penguntuman bunga pada tanaman buncis terjadi di 25hst ( hari setelah tanam ).

Jarak tanam ideal untuk tanaman buncis adalah 30-45 cm antar batang

Sedangkan untuk lahan kebutuhan benih setiap 1000 m persegi adalah kurang lebih 3-4 kg. Cara penanaman benih pada buncis yaitu tanja dengan kedalaman 3 cm, tiap lubang ditanami 2-4 biji kemudian tutup dengan tanah maupun kompos tipis. Setelah proses penanaman benih lakukan siste" Leb " atau pengairan pada bedengan. Proses leb dilakukan sampai tanah bedengan lembab, setelah selesai langsung buang air, maka dianjurkan buat sistem drainase yang bagus dimana air bisa keluar masuk dengan mudah. Air tidak boleh menggenang lama dikhawatirkan benih akan membusuk.


Pemupukan

Buncs adalah jenis tanaman yang rakus akan pupuk. Pupuk P dan K berkhasiat tinggi untuk tanaman ini.

Perawatan awal harus benar - benar dilakukan intens agar tanaman ini bisa tumbuh merata..

Pada awal tanam gunakanlah pupuk yang mudah terserap, gunakan perpaduan pupuk berimang antara kimia dan organik...

Dosis pemupukan berbeda berdasarkan kondisi tanah yang berbeda.

Jika pupuk dasar sudah dilakukan sesuai prosedur misal 1000 meter persegi di beri pupuk kandang kurang lebih 2000 kg, maka tinggal pupuk susulan pemupukan dilakukan setiap 15 hari sekali berupa NPK,KCL dan TSP sangat dianjurkan jika sistem kocor di 15 hari pertama dicampur baceman ( pupuk fermentasi organik berupa pupuk cair )


Pemeliharaan tanaman

Setelah tumbuh tunas sebelum batang pokok mulai merambat, penjarangan tanaman perlu dilakukan. cabut tanaman yang tumbuh tidak normal atau terkena penyakit. Minimal dari 4 tadi yang selamat 1 batang tiap lobang. Penjarangan tanaman harus dilakukan tepat waktu. Penjarangan tanaman dengan mengurangi jumlah tanaman tiap lobang dilakukan agar tanaman dapat tumbuh optimal dan mempunyai ruang kosong yang sesuai dan tanaman dapat tumbuh normal.

Pemasangan lanjaran dilakukan sebelum tanaman merambat, diharapkan setiap tanaman diberi satu lanjaran, cara pemasangan lanjaran banyak tipenya, terbaru banyak pula yang menggunakan sistem kawat dan tali, kedepan kami ulas disini secara khusus..

Sebelum melakukan pemupukan susulan diharapkan dilakukan penyiangan disekitar bedengan dan didalam lubang...

Sedangkan pengairan dilakukan saat tanaman berkecambah, karena pada masa itu tanaman membutuhkan banyak air, sedangkan tanah yang tidak terlalu kering tidak usah dilakukan pengairan lahan sebab di khawatirkan tanaman hanya akan tumbuh memanjang saja. Dan paling banyak membutuhkan air lagi disaat proses pembetukan polong pada buah buncis, disinilah dilakukan kembali leb. 

Tapi jangan teralu lemabab sebab tanaman ini susah susah gampang jika terlalu lembab juga akan berefek pada terganggunya pertumbuhan tanaman serta tanaman mudah terserang penyakit, maka dikira cukup pengairan maka langsung buang air...


Panen

Umur tanaman buncis adalah 50 - 55 hari...

Ciri - ciri buah pada masa panen yang tepat yaitu sebelum polong yang besar dan daging buncis yang tebal serta menjadi lunak dan mengempis, bagian biji belum menonjol dan serat dibagian tangkupan polong belum berkembang, buncis siap dipanen

Untuk menghasilkan polong muda yang seragam, sebaiknya setiap 2 hari sekali buncis harus dipanen. Buncis yang terlalu tua dipisahkan, diletakan ditempat yang sejuak serta tidak boleh ditumpuk.


Pembenihan

Untuk memperbanyak benih yang sehat, pembenihan harus dilakukan pada musim kemarau. Sebaiknya dilahan pembenihan sejauh 20 Cm tidak ditanami buncis varietas berbeda, dengan demikian bisa diperoleh kemurnian buncis yang terjaga. Untuk mendapatkan benih yang padat dan produksinya tinggi pemupukan ditambah TSP dan KCL. Pada umumnya berbungan hingga masak kurang lebih 30 - 35 hari. Menurut keadaan kemasakan polong dan benihnya panen dilakukan 2 - 3 kali setelah dipanen ditempatkan dalam ruangan untuk diperam 2-3 hari. Setelah itu polong dijemur dibawah sinar matahari hingga kering dan rontokan. Maka bibit buncis siap di tanam kembali maupun disimpan untuk ditanam musim berikutnya.







Belum ada Komentar untuk "Budidaya Tanaman Buncis Agar Berbuah Lebat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel