Komposisi Yang Pas Pada Media Tanam Polybag


Tanpa media tanam, maka percuma kita bisa menanam, bagaimana bisa sob..ga ada medianya bagaimana mau nanam..hehe, garing becandanya ya sob..Ok sob kita akan bahas “ Komposisi Media Tanam Yang Baik Untuk kita Masukan dalam Polybag “


Bagian terpenting dalam budidaya tanaman khususnya dalam polybag adalah media tanam sob, bagian inilah yang akan menentukan bagus tidaknya pertumbuhan tanaman kita nantinya. 

Maka untuk memaksimalkan hasil produksi yang baik kita harus menyiapakan media tanam yang baik pula. Jenis-jenis media tanam banyak dan beragam sob. 

Setiap jenis tanaman akan berbeda sifat media tanamnya , kita harus bisa membedakan media tanaman untuk apa kita akan gunakan. 

Sebab akan beda antara media tanam untuk sayur dan tanaman buah. 

Tanaman buah memerlukan media tanam yang kuat  agar bisa menopang pertumbuhan tanaman yang relatif lebih besar, sementara untuk  tanaman sayur mayur daun lebih memerlukan media tanam yang gembur dan mudah ditembus akar sob, jadi itu salah satu perbedaanya.
Nah, kali ini wongtani akan menguraikan media tanam yang bagus untuk kita jadikan mediatanam di polybag terutama untuk jenis tanaman pendek, seperti rawit, tomat dan sayuran lainya.


Fungsi Media Tanam

Oya sob…Media tanam berfungsi untuk menopang tanaman yang akan kita tanam, didalam media tanam juga terdapat nutrisi yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh akar tanaman diserap dan dimanfaatkan oleh tanaman agar bisa secara maksimal dalam tumbuh dan berkembang. Untuk budidaya tanaman dalam pot dan polybag, media tanam digunakan sebagai pengganti tanah. Oleh sebab itu media tanam ini harus bisa menggantikan fungsi dari tanah untuk tanaman itu sendiri.


Syarat Media tanam yang baik antara laian :


  • Gembur dan kuat menopang tanaman
  • Mampu menyimpan air, dan mempunyai drainase yang bagus
  • Tersedianya unsur hara makro dan mikro didalamnya
  • Aman dari bibit penyakit

Bahan-bahan pada media tanam 

Oya sob, kita bisa memanfaatkan beberapa material untuk kita jadikan sebagai media tanam. Sebetulnya banyak sob..dan tidak yang organic saja, sampai yang sintetispun ada, tapi kali ini wongtani uraikan yang umum saja sob, yaitu material media tanam organic.


a. Tanah (bahan utama)

Tanah yang baik untuk media tanam sebaiknya diambil dari lapisan bagian (top soil). Secara umum terdapat dua tipe tanah yaitu yang harus diperhatikan yakni tanah pasir dan tanah lempung. Tanah yang berpasir memiliki kemampuan drainase yang baik, cepat mengalirkan air namun kelemahannya tanah tersebut buruk dalam menyimpan air sebagai cadangan. Sedangkan tanah lempung lebih sulit ditembus oleh air sehingga akan membuat air tergenang dalam media tanam. Tanah yang baik untuk media tanaman tidak terlalu berpasir dan tidak terlalu lempung, melainkan harus gembur.


b. Kompos atau humus

Kompos merupakan bahan organik yang berfungsi sebagai penyedia unsur hara bagi tanaman. Kompos yang digunakan untuk media tanam adalah kompos padat, silahkan baca jenis dan karakteristik pupuk kompos. Hampir semua jenis kompos padat bisa digunakan sebagai bahan baku media tanam.

c. Arang sekam atau sabut kelapa

Arang sekam merupakan hasil pembakaran tak sempurna dari sekam padi. Arang sekam berguna untuk meningkatkan kapasitas porositas tanah. Penambahan arang sekam pada media tanam akan memperbaiki struktur media tanam karena mempunyai partikel-partikel yang berpengaruh pada pergerakan air, udara dan menjaga kelembaban.


Cara membuat media tanam organik

Berikut ini cara-cara membuat media tanam polybag atau pot dengan menggunakan bahan baku yang telah diterangkan di atas. 

Siapkan tanah yang terlihat gembur dan subur, lebih baik diambil dari bagian paling atas. Kemudian ayak tanah tersebut hingga menjadi butiran-butiran halus. Usahakan tanah dalam keadaan kering sehingga tidak menggumpal. Tanah yang menggumpal akan menyebabkan bahan-bahan tidak tercampur dengan merata.

Siapkan kompos yang telah matang, bisa dari jenis kompos biasa, bokashi atau kompos takakura. Ayak kompos atau humus tersebut sehingga menjadi butiran halus.
Siapkan arang sekam, 

Campurkan tanah, kompos, dan arang sekam dalam sebuah wadah. Komposisi campuran adalah 2 bagian tanah, 1 bagian kompos dan 1 bagian arang sekam (2:1:1). Aduk hingga merata.

Siapkan pot atau polybag, masukkan campuran tersebut kedalamnya. Media tanam sudah siap digunakan. 

Demikian pembahasan kita tentang media tanam sob, khususnya pada polybag.

source : alamtani.com ; soilimage ; - )


Belum ada Komentar untuk "Komposisi Yang Pas Pada Media Tanam Polybag"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel