Fantastis!! Petani Cabai Yang Satu Ini Kantongi Keuntungan 160 Juta

wongtani.net - Fantastis!! Petani Cabai Yang Satu Ini Kantongi Keuntungan 160 Juta . Tahun 2019 banyak petani cabai yang merugi, dikarenakan harga cabai yang tidak stabil, akan tetapi tidak dengan Mas Yoyon sebutan akrab petani asal Purbalingga. Mas yoyon merupakan ketua Asosiasi Petani Holtikultura Purbalingga ( APHP ). Dia juga salah satu anggota petani champion asal purbalingga. 



Fantastis!! Petani Cabai Yang Satu Ini Kantongi Keuntungan 160 Juta
ilustrasi - kebun cabai milik mas yoyon

Mas yoyon merupakan salah satu petani cabai yang kiprahnya di dunia pertanian ( khususnya budidaya cabai ) sudah tidak diragugan lagi. 


Beberapa tahun yang lalu petani yang satu ini juga pernah diberitakan oleh salah satu stasiun televisi Indonesia karena karya inovatif yang ia ciptakan dalam budidaya cabai.


Inovasi atap plastik untuk cegah hama tanaman cabai


Peluang Budidaya Cabai Kedepan


Sistem tanam yang maksimal akan menghasilkan produksi cabai yang maksimal pula, akan tetapi beberapa akhir ini masalah hama dan penyakit semakin merajalala kata beliau, ditambah harga yang naik turun sehingga harus jeli dalam budidaya cabai kedepanya.

Dari segi bisnis, pakah 5 tahun kedepan budidaya cabai masih memiliki peluang besar untuk para petani ?

" Jika ditanya peluang untuk jangka waktu 5 tahun kedepan akan sulit diprediksi, akan tetapi dari sisi harga kemungkinan akan sama dari 2 tahun sebelumnya ".

Baca Juga : Perbedaan Benih Cabai F1, F2 dan Lokal

Dalam kesempatan wawancara antara wongtani dan mas yoyon, beliau menerangkan bahwa untuk masalah harga tahun - tahun berikutnya kemungkinan hampir sama dengan 2 tahun yang lalu..

harga cabai cenderung mengalami gejolak naik dan turun.

Beliau menambahkan dari segi peluang kemungkinan masih selalu ada, akan tetapi dari sisi perawatan akan semakin sulit, kata beliau.

Penyebab dari kesulitan dalam budidaya salah satunya adalah virus yang menyerang cabai - cabai milik petani, dibeberapa centra sudah bisa dikatakan endemik, maka semakin tahun penyebaranya semakin luas dan dampaknya dapat menurunkan produktivitas hasil cabai di beberapa centra.

Karena hal itu untuk meraih keuntungan dalam bertani cabai, dibutuhkan keuletan dan pengalaman lebih dalam budidaya cabai.

Untuk pendatang baru, akan sangat sulit jika tidak mau belajar dari para senior, dan akan cenderung merugi jika tidak mau belajar juga dari pengalaman - pengalaman sebelamnya.


Solusi Mengatasi Harga Yang Naik Turun


Dalam kesempatan yang sama wongtani menanyakan mengapa di Indonesia dari sisi harga selalu mengalami pasang surut, beliau menjelaskan kalau di Indonesia Masalah harga belum bisa di tentukan secara pasti.

Berbeda dengan negara lain seperti Prancis, Malesya,Jepang harga komoditas disana sudah memiliki kepastian harga.

Jadi para petani tinggal lapor ke dinas terkait dan hasil panen sudah ada yang menampung.

Berarti Indonesia bisa juga menerapkan sistem yang sama, jika ingin para petani di Indonesia sukses.

Akan tetapi kesulitan cara seperti itu butuh biaya yang besar untuk memulainya, pemerintah belum mampu membuat sistem serupa, sebab untuk memulai butuh tenaga dan biaya yang sangat besar.


Keuntungan Tanam Cabi Milik Mas Yoyon


Berpa keuntungan yang diperoleh mas yoyon dalam masa tanam tahun lalu ?

Bilau menegaskan, dalam wawancara yang wongtani lakukan dengan mas yoyon, bahwa lahan seluas kurang lebih 8000 meter persegi untuk masa tanam februari 2019 dia meraup keuntungan kurang lebih Rp. 160 Juta.

Dari modal Rp. 100 Juta yang sudah dia keluarkan, hasil akhir dia memperoleh pendapatan sebesar Rp. 260 Juta hanya dari satu komoditi cabai saja.

Dia merasa beruntung sebab di Ramadhan kemarin dia mengalami panen dengan harga cabai yang lumayan tinggi.

" Nemu harga 50 ribu "

Kata beliau dia sempat merasakan harga 50 ribu perkilonya tahun  kemarin.


Tips Membidik Harga Tinggi dan Terbebas Dari Kerugian Besar


Untuk bisa membidik harga tinggi, mas yoyon sebelumnya mengamati penanaman di beberapa centra cabai, dia akan memulai menanam dimana luas lahan hamparan cabai di beberapa centra menurun.

Mas yoyon selalu rutin melakukan riset kecil dengan mengecek penanaman di centra - centra cabai khususnya di Jawa.

Untuk patokan mudahnya dia menggunakan cara yang simple, jika harga melambung naik maka banyak petani yang berbondong - bondong menanam maka disaat panen akan over produksi disitulah harga akan drop.

maka jika ingin mengalami harga yang up tanamnlah disaat jumlah lahan cabai menurun.

Karena flukuatif harga cabai yang sulit diprediksi, beliau menambahkan agar petani cabai harus bisa juga membudidayakan jenis sayuran lain.

Sebab disaat prediksi harga cabai akan drop, lebih baik tanam jenis sayuran lain yang memiliki potensi tinggi pula.

Disinipun petani juga harus tahu peta tanam beberapa jenis sayuran.

Setelah paham PETA TANAM. Selanjutnya BIBIT yg digunakan sesuai/adaptif dg lingkungan dimana kita akan menanam cabe.


Kesimpulan


Prosepek budidaya cabai masih sangat bagus kedepan, tapi kendalanya semakin berat maka dibutuhkan pengalaman khusus budidaya tanaman cabai.


Belum ada Komentar untuk "Fantastis!! Petani Cabai Yang Satu Ini Kantongi Keuntungan 160 Juta "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel