7 Kegunaan Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya untuk Meningkatkan Kinerja Otak

wongtani - Siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini. Alpukat sibuah mentega, buah yang memiliki nama latin persea americana asal amerika latin ini merupakan salah satu buah yang hampir setiap hari terlihat di warung - warung jus. Buah yang satu ini termasuk jenis buah yang selalu ada tersedia di pasar - pasar baik tradisional maupun moderen. Ternyata alpukat atau avocado memiliki banyak sekali manfaatnya, adapun untuk kesehatan tubuh buah alpukat memiliki 20 manfaat untuk kesehatan.



buah alpukat mentega
Beberapa sumber di internet menerangkan bahwa alpukat mengandung lemak jenuh sehingga apabila dikonsumsi secara rutinpun tidak menjadi masalah.

Baca Juga : 5 Jenis Bibit Tanaman Buah

Alpukat merupakan buah yang tidak hanya terkenal di Indonesia saja, akan tetapi orang - orang di seluruh dunia suka akan buah yang satu ini.

Buah berwarna hijau dengan rasa " Buket " kata orang jawa mengandung vitamin A,B,C,E,K serta mengandung Karbohidrat, protein magnesium dan folat.

Dengan mengkosumsi rutin buah ini disinyalir dapat meningkatkan penyerapan antioksidan mencapi 2,6 atau 15 kalilipat. Karena berbagai fakta diatas buah alpukat dijadikan sebagai sumber lemak sehat jika dibandingkan makanan lainya.

Tidak hanya itu saja masih banyak lagi manfaat yang ada pada buah alpukat, berikut 20 kegunaan buah alpukat bagi kesehatan :


1. Alpukat Dapat Mengurangi Resiko penyakit stroke

Penyakit yang satu ini sebetulnya bisa dicegah dari awal, berdasarkan informasi yang saya dapatkan pada  jantung dan stroke merupakan salah satu penyakit yang sering menyerag orang indonesia, akan tetapi penyakit yang satu ini bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi alpukat dan pisang setiap hari.

Alpukat merupakan salah satu buah yang banyak mengandung kalium dan potasium. Karena kandungan itulah buah ini memberikan manfaat mencegah penyumbatan dan mengerasnya pembuluh darah pada arteri.


2. Alpukat Bermanfaat Menjaga Kesehatan Mata

Beberapa peneliti tentang buah alpukat mengatakan bahwa alpukat memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin yang berfungsi mengurangi resiko katarak dan degenerasi makula.

Selain kandungan diatas, Lemak Jenuh Tunggal pada alpukat berfungsi untuk penyerapan karotenoid yang ramah mata.


3. Alpukat Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Banyak yang menyangka jika sedang melakukan program diet satu hal yang harus dihindari adalah asupan lemak. Tapi mengapa alpukat yang justru mengandung lemak malah bisa menurunkan berat badan ?

Jangan salah walau alpukat mengandung lemak, akan tetapi lemak pada buah alpukat merupakan lemak tak jenuh tunggal yang biasa disebut oleic acid, kandungan lemak inilah yang justru dapat memicu penurunan berat badan seseorang.


4. Alpukat Dapat Meningkatkan Kinerja Otak

Alpukat mengandung lutein, kandungan inilah yang dapat kinerja otak seseorang meningkat.

Dikutip dari kompas bahwa dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Frontiers in Aging Neuroscience, tim ahli melibatkan 60 orang berusia 25-45 tahun. Tim peneliti mengukur level lutein, nutrisi yang terdapat dalam alpukat, pada para responden kemudian mereka diminta melakukan olahraga yang butuh konsentrasi tinggi.

Responden yang lebih tua dengan kadar lutein tinggi ternyata memiliki respon saraf yang setara dengan orang yang lebih muda.


5. Alpukat Bermanfaat Dalam Kesehatan Kulit

8 manfaat alpukat untuk kesehatan kulit antara lain Menjadikan Kulit Halus dan Lembap,Merawat, Kelembutan Kulit Tangan, Mengangkat Sel Kulit Mati, Menjadikan Kulit Bercahaya, Melembutkan Tumit yang Pecah-Pecah, Meningkatkan Kesehatan Kuku, Meredakan Eksim, Membantu Mengobati Luka.


6. Alpukat Dapat Menjaga Gula darah dan Diabetes

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 31 orang dengan Massa Tubuh lebih dari 30, para peneliti menemukan alpukat bekerja dengan baik sebagai pengganti karbohidrat olahan seperti roti dan pasta, menekan rasa lapar, dan memicu penurunan berat badan selama berjam-jam. Selain Itu alpukat juga memiliki efek luar biasa yang dapat mengendalikan resistensi insulin dan glukosa darah pada 31 orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas.

Dari penelitian tersebut membuktikan bahwa alpukat dapat menjaga kadar gula darah dan diabetes.


7. Alpukat Dapat Menjaga Kesehatan Rambut

Ternyata ada fungsi dan manfaat lain dari Buah Alpukat, diantaranya Selain mengatasi rambut bercabang, minyak alami dalam buah alpukat yang mengandung vitamin dan asam lemak omega 3 juga efektif untuk menjadikan rambut lebih halus dan berkilau. Buah ini dapat merangsang pertumbuhan rambut dan mengendalikan rambut rontok




Belum ada Komentar untuk "7 Kegunaan Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya untuk Meningkatkan Kinerja Otak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel