5 Jenis Buah Melon Yang Paling Populer di Budidiayakan di Dunia


wongtani.net - Bagi petani holti sudah tidak asing lagi dengan buah segar yang satu ini, yap..buah melon, tentu sobat semua tahu. Bagi sebagian petani holti pastinya pernah mencoba tanaman melon untuk dibudidayakan. Banyak yang bilang budidaya melon lumayan rumit, tapi bagi sebagian petani karena sudah mengenah dianggap biasa dan mudah. Tapi wongtani kali ini tidak akan membahas teknik budidaya melon, akan tetapi wongtani akan bahas 5 Jenis Buah Melon Yang Paling Populer di Budidiayakan di Dunia

Sebelum lebih jauh membahas jenis - jenis melon yang dimaksud alangkah baiknya kita cari tahu dulu informasi lengkap tentang " Melon "

Melon (Cucumis melo L.) merupakan nama buah sekaligus tanaman yang menghasilkannya, melon termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae.

Menurut asal usul buah melon, tanaman melon berasal dari lembah persia. Buah dengan bentuk dan masuk suku labu-labuan ini sangat enak di makan langsung maupun di jadikan pelengkap dalam es buah, jus dan lainya.

Buah melon ternyata banyak jenisnya, kali ini mas bejo akan uraikan jenis - jenis melon tersebut.

Apa saja sebenarnya 5 Jenis atau tipe melon yang paling banyak ditanam atau dibudidayakan didunia. Ok sob, kita lihat satu persatu.

Berikut 5 Jenis Buah Melon Yang Paling Populer di Budidiayakan di Dunia menurut wongtani.net


1. Oriental Melon ( Korean Melon )

sc : wikipedia.org


Oriental Melon Juga dikenal sebagai melon Korea, Jenis Melon ini adalah jenis muskmelon yang dibudidayakan di Asia Timur.Berdasarkan  Studi filogenetik bahwa garis keturunan genetik tanamanoriental melon menunjukkan bahwa kemungkinan tanaman ini berasal dari India timur, kemudian menyebar ke Cina melalui Jalur Sutra, lalu dibawa dan diperkenalkan ke Korea dan Jepang dan dibudidayakan sampai sekarang ini. Untuk Rasa jenis melon ini memiliki rasa antara melon dan mentimun, kurang manis jika dibandingkan dengan varietas melon Barat, Karena Jenis melon ini  terdiri dari sekitar 90% air. Oriental Melon biasanya dimakan segar; dengan kulit tipis dan biji kecil, melon dapat dan tentunya dimakan utuh seperti mentimun.


2. Melon Ananas

melon ananas
ananas melon - source : growitalian.com
Melon ananas memiliki rasa dan aroma seperti nanas. Ananas sendiri berasal dari bahasa prancis yang berarti " nanas " jadi penamaan melon jenis ini dengan nama " Ananas " sangat tepat.

Ananas melon berasal dari daratan Afrika, akan tetapi jenis melon ini banyak ditanam didataran timur tengah, eropa ( khususnya prancis ) Amerika serikat. Buah besar pada tanaman yang kuat dan produktif.


3. Melon Bailan

Melon Bailan
sumber : istokphoto

Melan Bailan adalah melon  lokal yang banyak ditanam di  ibu kota provinsi Gansu di China sana. Jenis Melon ini biasanya memiliki kulit putih dengan daging hijau manis, putih atau pucat. Kadang melon muncul berwarna kuning muda, oranye atau putih, dengan daging hijau muda atau kuning aprikot, yang membuatnya mirip dengan jenis lainnya dalam kelompok kultivar muskmelon. Melon Bailan lebih berbobot  karena kepadatan daging bagian dalam buah. Bailan Melon Seperti jenis melon madu lainnya, melon Bailan kaya akan vitamin C dan protein. 


4. Melon Cantaloupe

Melon Cantaloupe
sumber : https://www.medicalnewstoday.com/

Cantaloupe, rockmelon (Australia), sweet melon, atau spanspek (Afrika Selatan) adalah melon yang merupakan berbagai spesies muskmelon (Cucumis melo) dari keluarga Cucurbitaceae.


Berat Cantaloupes berkisar dari 0,5 hingga 5 kilogram (1 hingga 11 lb). Awalnya, blewah hanya merujuk pada melon non-jaring, berdaging oranye di Eropa, tetapi hari ini mungkin merujuk pada melon berdaging oranye dari spesies C. 


5. Cavaillon Melon

sumber : https://www.freshplaza.com/
melon cavalian merupakan melon yang masuk dalam jenis cantalope, akan tetapi ukuran melon ini lebih kecil. Asal melon ini dari Italia dan kemudian menyebar ke prancis. Ciri-ciri melon ini berkulit pucat saat matang, dan bergaris hijau dari ujung ke ujungnya.

Belum ada Komentar untuk "5 Jenis Buah Melon Yang Paling Populer di Budidiayakan di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel