Cara Budidaya Jambu Kristal


Buah jambu merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Permintaan buah jambu hingga saat ini masih tinggi karena banyak yang senang mengkonsumsi buah yang satu ini. Para pelaku usaha jus buah juga sering kali menjadikan jambu sebagai salah satu pilihan buah karena banyak dipilih oleh para pembeli. Ada banyak jenis buah jambu yang bisa temukan. Salah satu yang sangat menarik untuk dibudidayakan adalah buah jambu Kristal. Cara budidaya jambu Kristal sangat menarik untuk dipelajari bagi siapapun. Nantinya buah jambu bisa dikonsumsi sendiri atau bisa juga dijual untuk mendapatkan penghasilan.

Banyak petani yang memilih untuk membudidayakan jambu Kristal karena jenis jambu ini memiliki nilai yang tinggi. Jenis jambu Kristal berbeda dengan jambu biji biasa arena memiliki ketebalan daging yang super dan bahkan tanpa ada biji sehingga sangat lezat untuk dinikmati.

Harga jual jambu Kristal dari petani sudah terbilang tinggi karena mencapai Rp.12.000 hingga Rp.15.000. tanaman jambu Kristal biasanya dibudidayakan di dalam pot. Namun anda juga bisa menanamnya langsung di lahan terbuka. Jika anda tertarik untuk menanam jambu jenis ini di dalam pot, berikut ini Cara budidaya jambu Kristal yang penting anda ketahui.

Cara Budidaya Jambu Kristal
sumber gambar : Petani Jambu Ramadhan Fitra

Siapkan media tanam

Cara pertama yang harus diakukan sebelum menanam bibit adalah dengan menyiapkan media tanam. Anda bisa menggunakan drum yang dipotong dua bagian atau bisa juga menggunakan panter bag berukuran besar. Selanjutnya siapkan tanah, pupuk kompos, dan juga sekam padi dengan perbandingan 2:1:1. Campurkan semua bahan menjadi satu. Namun sebelumnya jangan lewatkan untuk memberi alas pecahan genteng atau sabut kelapa di dalam planter bag atau drum      untuk menstabilkan air. Jika sudah baru masukkan campuran media tanam yang sudah dipersiapkan. 

Menamam Bibit jambu Kristal

Anda bisa mendapatkan bibit jambu Kristal yang sudah siap tanam dengan harga yang murah. Jika sudah mendapatkan bibitnya anda bisa melubangi media tumbuh lalu masukkan bibit ke dalamnya. Lanjutkan dengan mengurug akar agar bibit dapat berdiri dengan tegak. Selanjutnya jangan lupa untuk menyirami bibit agar bibit tumbuh subur.

Apabila anda menanam dimedia tanah, penting untuk menjaga tanah dari jamur dengan menambahkan dolomit. Selain menghindarkan dari jamur, dolomit juga menghindarkan tanaman dari berbagai penyakit.

Perawatan Jambu Kristal

Setelah anda berhasil mengikuti Cara budidaya jambu Kristal, selanjutnya anda juga perlu untuk merawat tanaman jambu Kristal anda. Beberapa perawatan penting seperti penyiraman, pemangkasan dan pemupukan jangan sampai dilewatkan.

Pada saat musim kemarau tanaman disiram paling tidak sekali sehari. Selanjutnya dilakukan pemangkasan pada cabang yang cacat agar terganti dengan cabang baru yang lebih sehat. Cabang primer maksimal memiliki 3 batang begitu juga batang primer dan tersier. Jika batang terlalu banyak, dikhawatirkan tumbuhan tidak masksimal saat berbuah.

Pemupukan bisa dilakukan setelah 1 bulan pasca tanam selanjutnya lakukan pemupukan setelah 3 bulan sekali. Pupuk yang baik digunakan adalah pupuk kompos atau pupuk kandang, namun anda juga bisa menambahkan pupuk kimia apabila diperlukan.  Cara budidaya jambu Kristal ini semakin mudah jika anda sudah terbiasa melakukannya.


Masa panen Jambu Kristal

Masa panen adalah masa yang ditunggu-tunggu. Jambu Kristal ini dapat dipanen biasanya setelah 8 bulan. Namun ada juga yang baru bisa berbuah setelah usia 1,5 tahun. Usia buah yang bisa dipanen adalah setelah usia 4 bulan sejak tumbuh bunga.

Cara budidaya jambu Kristal ini bisa dikatakan cukup mudah dan sederhana. Anda bisa menanam buah ini dipekarangan rumah sehingga selain menjadi tanaman buah juga bisa sekaligus sebagai tanaman hias di halaman.

Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Jambu Kristal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel