Cara Budidaya Tomat dengan Mudah


Bua tomat menjadi salah satu buah yang memiliki banyak manfaat baik itu untuk kesehatan, kencantikan dan juga untuk konsumsi rumahan. Tomat dapat dikonsumsi secara langsung atau bisa juga dimasak menjadi berbagai macam menu makanan. Cara budidaya Tomat ini sangat mudah dilakukan. Hal ini karena tomat memiliki masa hidup yang pendek sehingga tumbuhan ini juga bisa tumbuh serta berbuah dengan cepat.

Cara Budidaya Tomat dengan Mudah


Ada beberapa langkan penting yang perlu dilakukan agar anda bisa berhasil dalam membudidayakan tanaman tomat. Berikut ini adalah beberapa langkah dan Cara budidaya tomat yang perlu anda ketahui:

Pemilihan benih tomat

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menanam tomat adalah menyiapkan benih terlebih dahulu. Pastikan anda memilih jenis tomat yang berkualitas karena benih yang digunakan akan sangat mempengaruhi hasil panen. 
Anda dapatmenyiapkan satu buah tomat tua kemudian ambil bijinya. Lalu rendam dengan air. Ambil biji yang tenggelam dan selanjutnya anda bisa mengeringkan biji dengan cara dijemur. Setelah kering, simpan biji ditempat yang bersih dan kering.

Penyemaian benih tanaman tomat

Langkah yang selanjutnya adalah melakukan penyemaian. Siapkan polybag atau bisa juga dengan menggunakan bedengan. Proses penyemaian biasanya membutuhkan waktu 35 hingga 40 hari hingga benih siap dipindah ke media tumbuh.

Pastikan tanah yang digunakan adalah tanah yang subur dan kaya nutrisi. Jangan lupa untuk menyirami benih agar semakin sehat dan segar. Jika sudah siap untuk dipindah maka anda bisa mulai menyiapkan tanah atau lahan untuk menanam bibit tersebut.

Mengolah media tanam

Cara budidaya tomat tidaklah sulit. Jika anda sudah memiliki bibit siap tanam, langkah selanjutnya adalah menyiapkan laha. Tanah yang akan ditanami dengan bibit sebaiknya dicangkul terlebih dahulu agar gembur. Buat bedengan dengan tinggi sekitar 30cm dan lebar 1m. jarak bedengan sekitar 40cm. sebelum ditanami bibit, diamkan terlebih dahulu selama 1 minggu. 

Jika sudah 1 minggu, beri pupuk organic sebagai pupuk dasar. Anda juga bisa menambahkan TSP untuk menambah kandungan fosfor pada tanah. Tutup bedengan dengan plastic mulsa karena ini berfungsi untuk mempertahankan kelembaban tanah serta menjaga tanaman tomat tetap bersih dari gulma.

Penanaman tomat

Jika lahan sudah siap, buatlah lubang dengan diameter sekitar 5cm dengan kedalaman 5cm. masukkan bibit tomat. Pastikan akar tetap utuh dan jangan sampai rusak. Urug lubang agar bibit dapat berdiri tegak dna kokoh. Selanjutnya jangan lupa untuk di sirami. 

Pemeliharaan tanaman tomat

Tanaman ini termasuik sebagai tanaman yang sensitive sehingga apabila tidak dilakukan perawatan yang baik maka tanaman akan sangat mudah mati. Tanaman ini mudah terserang penyakit dan hama. Untuk menghindari gagal tanam, ada beberapa perawatan penting yang perlu untuk dilakukan antara lain seperti penyulaman, penyiangan, pemangkasan, pemupukan, penyiraman, pemasangan lenjeran, dan pengendalian hama penyakit.

Apabila anda bisa menaman dengan baik dan merawat tanaman dengan serius, tentu hasilnya tidak akan mengecewakan. Cara budidaya tomat ini akan semakin mudah ketika anda sudah mulai mempraktekannya. Buah tomat bisa dipanen setelah usia 100 hari setelah menanam bibit. Namun semua itu tergantung dengan jenis tomat yang ditanam.

Pemetikan buah timat sebaiknya dilakuakn di pagi atau di sore hari karena disaat siang hari tanaman ini sedang melakukan fotosintesis.

Setelah mengetahui mengenai Cara budidaya tomat, selanjutnya anda bisa mulai untuk melakukan budidaya. Anda bisa menanam buah tomat sebagai konsumsi sendiri atau bisa juga untuk dijual dipasaran. Sekian informasi yang bisa disampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Tomat dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel