Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara budidaya cabe keriting tanpa mulsa

Cabe Keriting Tanpa MulsaSource: bing.com

Cabe keriting merupakan salah satu jenis cabai yang populer di Indonesia. Selain memiliki rasa pedas yang kuat, cabe keriting juga memiliki bentuk yang unik. Untuk membudidayakan cabe keriting, biasanya diperlukan pemakaian mulsa sebagai salah satu teknik budidaya. Namun, bagi Anda yang ingin membudidayakan cabe keriting tanpa menggunakan mulsa, berikut adalah cara yang bisa dipraktikkan.

Persiapan Tanah

Sebelum melakukan penanaman cabe keriting, pastikan tanah sudah disiapkan dengan baik. Tanah yang disiapkan harus gembur dan subur. Gunakan pupuk kandang atau pupuk organik sekitar 2-3 minggu sebelum penanaman cabe keriting. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas tanah dan memberikan nutrisi yang cukup untuk tanaman.

Penyiapan Lahan

Pada saat penyiapan lahan sebaiknya disiangi terlebih dahulu, lalu dibajak dengan kedalaman 30-40cm, kemudian diamkan selama 1-2 minggu untuk membunuh gulma dan hama yang ada dalam tanah. Selanjutnya, buat lubang tanam dengan jarak antara lubang 50-60cm, dengan kedalaman 20-25cm. Setiap lubang diberikan pupuk kandang kira-kira 1-2kg/lubang. Biarkan pupuk tersebut selama 2-3 minggu, lalu lubang akan siap untuk ditanami cabe keriting.

Pemilihan Bibit

Pilih bibit cabe keriting yang sehat dan baik. Pastikan bibit yang dipilih tidak cacat, tidak menguning atau layu. Bibit yang dipilih sebaiknya berukuran sedang dan tinggi sekitar 10-15cm dan berumur sekitar 2-3 minggu.

Penanaman Cabe Keriting

Tanam bibit cabe keriting pada saat sore hari atau pagi menjelang siang, karena pada saat tersebut kondisi cuaca lebih bersahabat dengan tanaman. Masukkan bibit cabe keriting ke dalam lubang tanam dan isi diberikan tanah hingga menutupi akar bibit. Siram perlahan dengan air bersih dan biarkan sampai bibit berakar dengan baik.

Perawatan Tanaman

Setelah cabe keriting ditanam, perawatan yang tepat sangat penting untuk mendorong pertumbuhan tanaman dan kualitas panen yang baik. Berikut beberapa tips perawatan cabe keriting tanpa mulsa:

Penyiraman

Penyiraman merupakan salah satu faktor penting untuk keberhasilan tanaman cabe keriting. Tanaman cabe keriting harus disiram setiap 2-3 hari sekali, atau tergantung kondisi tanah. Pastikan tanah dalam keadaan lembab dan tidak kering. Namun, hindari penyiraman pada malam hari karena bisa menyebabkan kelembaban berlebih di tanah dan memengaruhi pertumbuhan tanaman.

Pemupukan

Cabe keriting membutuhkan nutrisi yang cukup untuk memacu pertumbuhan. Pemupukan bisa dilakukan setiap 3 minggu sekali, dengan menggunakan pupuk organik atau pupuk kandang. Untuk dosis pemupukan, gunakan 1-2 sendok makan pupuk kandang atau 2-3 sendok makan pupuk organik/lubang tanam.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Periksa tanaman secara berkala untuk mencegah serangan hama dan penyakit. Jika terdeteksi hama atau penyakit yang menyerang tanaman cabe keriting, segera lakukan tindakan pengendalian agar tidak menyebar ke tanaman lain. Anda bisa menggunakan pestisida organik atau ramuan alami untuk mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman cabe keriting.

Table

BahanJumlah
Pupuk Kandang1-2 kg/lubang
Bibit Cabe Keriting1 tanaman/lubang
Pestisida OrganikSesuai kebutuhan

Kesimpulan

Budidaya cabe keriting tanpa mulsa bisa dilakukan dengan persiapan lahan yang tepat dan perawatan yang baik. Langkah-langkah yang harus dilakukan seperti pemupukan, penyiraman, dan pengendalian hama dan penyakit. Dengan mempraktikkan cara budidaya di atas, diharapkan Anda bisa memperoleh hasil panen cabe keriting yang sehat dan berkualitas.

FAQ

Apakah cabe keriting harus diberi mulsa?

Tidak, cabe keriting bisa ditanam tanpa mulsa dengan menjaga kelembaban dan nutrisi tanah yang cukup.

Berapa kali pemupukan pada cabe keriting tanpa mulsa?

Pemupukan dilakukan setiap 3 minggu sekali, dengan menggunakan pupuk organik atau pupuk kandang.

Bagaimana cara mengendalikan hama dan penyakit pada cabe keriting tanpa mulsa?

Anda bisa menggunakan pestisida organik atau bahan alami seperti jeruk nipis atau bawang putih untuk mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman cabe keriting.

Posting Komentar untuk "cara budidaya cabe keriting tanpa mulsa"