Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara budidaya cabe pepper orange wonder

Cara Budidaya Cabe Pepper Orange WonderSource: bing.com

Cabe pepper orange wonder merupakan salah satu jenis cabe yang saat ini sedang populer di kalangan petani dan pecinta tanaman cabe. Cabe ini memiliki ciri khas yaitu buahnya yang berwarna oranye cerah dan rasanya yang pedas. Jika Anda tertarik untuk membudidayakan cabe pepper orange wonder, maka artikel ini akan memberikan panduan lengkap untuk Anda.

Persiapan Tanah

Sebelum memulai budidaya cabe pepper orange wonder, hal yang perlu Anda perhatikan adalah persiapan tanah. Tanah yang baik untuk cabe pepper orange wonder adalah tanah yang gembur dan subur dengan pH antara 6-7. Jika pH tanah di bawah 6 atau di atas 7, sebaiknya lakukan penambahan kapur atau sulfur agar pH tanah menjadi ideal.

Pupuk Organik

Untuk memperkaya nutrisi tanah, Anda bisa menggunakan pupuk organik seperti kompos atau pupuk kandang. Sebaiknya lakukan pemupukan sebelum tanam dengan dosis yang disesuaikan dengan kondisi tanah. Jika tanah sudah subur, sebaiknya tidak terlalu banyak menggunakan pupuk agar tidak menyebabkan kelebihan unsur hara.

Pemberian Pupuk Kandang

Bila Anda ingin memberikan pupuk kandang, lakukan pemberian setidaknya 1-2 minggu sebelum tanam. Tidak disarankan memberikan pupuk kandang saat tanaman sudah tumbuh karena ini dapat merusak akar dan tidak baik untuk perkembangan tanaman.

Pemberian Pupuk Nitrogen

Pemberian pupuk nitrogen dapat dilakukan setelah tanam. Pupuk nitrogen sangat penting untuk pertumbuhan cabai. Tapi jangan berlebihan saat memberikan pupuk nitrogen karena hal ini dapat merusak sistem perakaran tanaman. Lakukan pemupukan nitrogen setiap 2-3 minggu sekali.

Penyemaian Biji

Sebelum melakukan penyemaian, pastikan bibit yang akan digunakan sudah bermutu dan bebas dari penyakit. Jika Anda tidak memiliki bibit sendiri, Anda bisa membeli bibit cabe pepper orange wonder dari produsen bibit terpercaya.

Cara Penyemaian

Untuk melakukan penyemaian, siapkan polybag berukuran sedang atau pot mini. Isi polybag atau pot dengan campuran tanah dan pupuk organik. Campuran yang baik adalah 50% tanah dan 50% pupuk organik. Kemudian, buat lubang di tengah dan masukkan biji cabe pepper orange wonder dengan jarak 2-3 biji per polybag atau pot. Tutup lubang dengan tanah secukupnya. Setelah itu, siram dengan air secukupnya dan letakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Perawatan Bibit

Agar bibit cabe pepper orange wonder tumbuh sehat, perlu dilakukan perawatan seperti penyiraman secara teratur, pengendalian hama dan penyakit, serta pemangkasan untuk menjaga pertumbuhan yang sehat.

Penanaman

Saat bibit cabe pepper orange wonder sudah cukup besar dengan tinggi sekitar 10-15 cm, barulah bisa dilakukan penanaman di lahan yang sudah disiapkan sebelumnya.

Cara Penanaman

Pilihlah waktu penanaman yang tepat, yaitu pada saat musim penghujan. Tanam bibit cabe pepper orange wonder dengan jarak tanam sekitar 50 cm x 50 cm. Buat lubang tanam dengan kedalaman 2-3 cm, kemudian masukkan bibit beserta polybag atau pot yang menempel pada akar bibit. Setelah itu, tutup dengan tanah hingga rapat dan padat. Terakhir, siram dengan air secukupnya.

Perawatan Tanaman

Pada awal pertumbuhan, perlu dilakukan penyiraman teratur dan pemupukan sesuai dosis. Jangan lupa untuk melakukan pengendalian hama dan penyakit dengan menggunakan pestisida yang aman dan sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Pemanenan Cabe Pepper Orange Wonder

Pemanenan cabe pepper orange wonder dapat dilakukan setelah tanaman sudah berumur sekitar 75-90 hari atau setelah buah cabe sudah berwarna oranye cerah. Kemudian, petik buah cabe dengan hati-hati agar tidak merusak tanaman.

Table: Waktu Pemanenan Buah Cabe Pepper Orange Wonder

Umur TanamanWaktu Pemanenan
75-80 hariSetengah matang
85-90 hariMatang

Pertanyaan Yang Sering Diajukan

Q: Bagaimana cara membersihkan lahan sebelum menanam cabe pepper orange wonder?

A: Bersihkan lahan dari sampah dan gulma. Kemudian, lakukan pengolahan tanah seperti mencangkul atau membelah tanah agar lebih gembur dan subur.

Q: Bagaimana cara mengetahui bibit cabe yang baik?

A: Bibit cabe yang baik memiliki ciri-ciri seperti daun yang hijau dan sehat, batang yang kuat, dan akar yang tumbuh baik.

Q: Bagaimana cara merawat tanaman cabe pepper orange wonder agar cepat berbuah?

A: Berikan pupuk nitrogen secara teratur, lakukan pemangkasan pada cabang yang tidak produktif, dan jangan lupa untuk melakukan pengendalian hama dan penyakit secara teratur.

Posting Komentar untuk "cara budidaya cabe pepper orange wonder"