Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara budidaya coleus atropurpureus benth

Coleus Atropurpureus BenthSource: bing.com

Pendahuluan

Coleus atropurpureus benth adalah salah satu tanaman hias yang sangat populer di Indonesia karena memiliki warna daun yang indah. Selain itu, tanaman ini juga memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik. Bagi Anda yang ingin menanam coleus atropurpureus benth, artikel ini akan memberikan panduan cara budidayanya.

Persiapan Tanah

Untuk menanam coleus atropurpureus benth, persiapan tanah sangat penting. Pastikan tanah yang digunakan memiliki pH antara 6 hingga 7.5. Anda dapat menggunakan pupuk kandang atau kompos untuk memperkaya nutrisi tanah. Lakukan penggalian tanah hingga kedalaman 30 cm dan ratakan permukaannya.

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

  • Tanah
  • Pupuk kandang atau kompos
  • Benih atau bibit coleus atropurpureus benth
  • Alat penggali tanah
  • Alat pengukur pH tanah

Pemilihan Benih atau Bibit

Anda bisa memilih antara benih atau bibit coleus atropurpureus benth. Namun, bibit akan lebih mudah untuk dipelihara dan tumbuh lebih cepat daripada benih. Pastikan benih atau bibit yang dipilih berkualitas baik.

Cara Menanam Benih

Untuk menanam benih coleus atropurpureus benth, buatlah lubang dengan kedalaman 0.5 cm di atas permukaan tanah. Masukkan benih ke dalam lubang dan tutup dengan sedikit tanah. Siram tanah dengan air hingga lembab.

Cara Menanam Bibit

Untuk menanam bibit coleus atropurpureus benth, buatlah lubang dengan kedalaman 10-15 cm. Letakkan bibit di dalam lubang dan tutup dengan tanah. Pastikan jarak antara bibit satu dengan yang lainnya minimal 30 cm. Siram tanah dengan air hingga lembab.

Perawatan Tanaman

Agar tanaman coleus atropurpureus benth dapat tumbuh dengan baik, perawatan yang tepat sangat penting. Lakukan penyiraman secara teratur setiap hari, terutama saat cuaca panas. Lakukan pemupukan setiap 2 minggu sekali dengan menggunakan pupuk kandang atau kompos. Potong daun yang kering atau rusak agar tanaman tetap sehat.

Cara Pemangkasan

Untuk memangkas coleus atropurpureus benth, gunakan gunting tajam. Potong bagian batang atau daun yang kering atau rusak di pangkal batang. Jangan memotong terlalu dalam karena bisa merusak tanaman.

Pemanenan Tanaman

Coleus atropurpureus benth bisa dipanen setelah 3-4 bulan. Panen dilakukan pada pagi atau sore hari saat keadaan tanah lembab. Potong batangnya dengan gunting tajam dan bersih. Simpan dalam wadah yang bersih dan kering.

Cara Pengeringan

Setelah dipanen, coleus atropurpureus benth bisa dikeringkan dengan cara digantung di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung. Setelah kering, daun bisa dipetik dan disimpan dalam wadah yang rapat.

Kesimpulan

Demikianlah panduan cara budidaya coleus atropurpureus benth yang dapat Anda terapkan di rumah. Tanaman ini sangat mudah untuk dipelihara dan memiliki manfaat kesehatan yang baik. Dengan melakukan perawatan yang tepat, Anda bisa memanen tanaman ini setiap 3-4 bulan. Selamat mencoba!

KelebihanKekurangan
Warna daun yang indahPerawatan yang teratur dibutuhkan
Manfaat kesehatan yang baikMembutuhkan lahan yang cukup luas
Mudah untuk dipelihara

FAQ

1. Apa saja manfaat dari tanaman coleus atropurpureus benth?

Jawaban:

Tanaman coleus atropurpureus benth memiliki manfaat kesehatan yang baik, seperti mengurangi tekanan darah tinggi dan meningkatkan sistem imun tubuh.

2. Bagaimana cara melakukan pemangkasan pada coleus atropurpureus benth?

Jawaban:

Untuk melakukan pemangkasan pada coleus atropurpureus benth, gunakan gunting tajam dan potong bagian batang atau daun yang kering atau rusak di pangkal batang.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memanen coleus atropurpureus benth?

Jawaban:

Coleus atropurpureus benth bisa dipanen setelah 3-4 bulan.

Posting Komentar untuk "cara budidaya coleus atropurpureus benth"