Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara budidaya gurami dari telur

Apakah Anda termasuk salah satu pecinta ikan gurami? Jika ya, mungkin Anda ingin mencoba untuk membudidayakan ikan gurami dari telur. Budidaya ikan gurami dari telur bisa menjadi cara yang lebih efektif untuk memperbanyak populasi ikan gurami daripada melakukan penangkapan di alam liar.

Cara Budidaya Gurami Dari TelurSource: bing.com

Penyiapan Telur Gurami

Sebelum memulai budidaya ikan gurami dari telur, pertama kali yang perlu dilakukan adalah menyiapkan telur gurami. Anda bisa membeli telur gurami dari peternak ikan atau jika Anda memiliki ikan gurami di rumah, Anda bisa mengambil telur dari ikan gurami yang sudah dewasa.

Tahap awal dalam menyiapkan telur gurami adalah memilih indukan yang berkualitas baik, yaitu indukan yang sudah matang kelaminnya, sehat, dan memiliki ukuran tubuh yang ideal. Indukan yang baik akan menghasilkan telur yang berkualitas juga sehingga dapat meningkatkan peluang sukses dalam budidaya.

Memisahkan Indukan

Setelah Anda menentukan indukan yang akan digunakan, langkah berikutnya adalah memisahkan pasangan indukan dari kolam ikan utama. Hal ini dilakukan untuk mengurangi stress pada indukan dan memperkecil risiko prasangka terhadap telur oleh ikan lainnya.

Anda bisa membuat sebuah kolam khusus untuk memisahkan indukan tersebut. Pastikan kolam tersebut steril dan memiliki sistem sirkulasi air yang baik untuk memastikan kondisi air selalu sehat dan stabil.

Menyiapkan Sarana Perkembangbiakan

Untuk memudahkan perkembangan telur gurami, Anda dapat menyiapkan beberapa sarana seperti sponge filter atau gentong untuk menyimpan air, serta lampu pemanas yang dapat membantu mempertahankan suhu air.

Suhu air yang ideal untuk perkembangan telur gurami adalah antara 24 - 30 derajat Celsius dengan pH sekitar 6,5 - 7,5. Selain itu, pastikan Anda menambahkan air bersih secara teratur dan memberikan pakan yang cukup untuk indukan.

Pemijahan Telur Gurami

Setelah semua persiapan sudah dilakukan, tahap selanjutnya dalam budidaya ikan gurami dari telur adalah pemijahan. Pemijahan telur gurami dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain:

Cara Alami

Pada cara alami, indukan akan memijahkan telur langsung ke dalam kolam atau wadah yang sudah disiapkan oleh peternak. Biasanya, indukan yang siap untuk memijahkan akan menunjukkan tanda-tanda seperti menggali lubang di dasar kolam dan mengeluarkan suara-suara tertentu.

Metode Buatan

Dalam metode buatan, peternak akan memasukkan indukan ke dalam wadah yang sudah disediakan dan menstimulasi indukan untuk memijahkan telur dengan memberikan pakan khusus atau mengganti air secara teratur. Metode ini sering digunakan untuk meningkatkan peluang keberhasilan dalam budidaya ikan gurami dari telur.

Pemanasan Telur Gurami

Setelah telur gurami berhasil dierami oleh indukan, langkah selanjutnya dalam budidaya ikan gurami dari telur adalah memanaskan telur gurami. Hal ini dilakukan dengan menggunakan lampu pemanas dengan suhu yang tepat dan terkontrol.

Pemanasan yang baik akan mempercepat waktu inkubasi telur gurami, mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri yang dapat merusak telur, serta menjamin pemecahan kulit telur yang optimal.

Masa Perkembangan Larva Gurami

Setelah telur gurami menetas, tahap selanjutnya dalam budidaya ikan gurami dari telur adalah masa perkembangan larva gurami. Pada masa ini, larva gurami memerlukan perawatan khusus agar dapat tumbuh sehat dan kuat. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam masa ini antara lain:

Pemberian Pakan

Pada masa ini, larva gurami memerlukan pakan khusus berupa plankton laut atau infusoria. Pakan ini dapat dibuat sendiri atau dibeli dari peternak ikan. Pastikan pemberian pakan dilakukan secara teratur dan berkala untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si larva.

Perawatan Kolam

Selain pakan, perawatan kolam juga sangat penting pada masa perkembangan larva gurami. Pastikan kualitas air terjaga dengan baik dan selalu bersih. Selain itu, pastikan suhu air tetap stabil dan optimal bagi pertumbuhan larva gurami.

Penyiraman Air

Penyiraman air dilakukan untuk memberikan oksigen yang cukup bagi larva gurami. Pastikan penyiraman dilakukan secara teratur dan cukup untuk mendukung kehidupan di dalam kolam.

Kesimpulan

Budidaya ikan gurami dari telur memang memerlukan kesabaran dan ketekunan namun hasilnya dapat sangat memuaskan dan menguntungkan. Dengan menyiapkan sarana yang tepat dan melakukan perawatan yang baik, Anda dapat menghasilkan ikan gurami yang berkualitas tinggi dan menguntungkan secara finansial.

FAQ

Q: Apakah indukan harus dipisahkan?

A: Ya, indukan harus dipisahkan dari kolam utama untuk mengurangi risiko stres pada indukan dan risiko prasangka terhadap telur oleh ikan lainnya.

Q: Berapa suhu air yang ideal untuk pemijahan telur gurami?

A: Suhu air yang ideal untuk pemijahan telur gurami adalah antara 24 - 30 derajat Celsius.

Meta DescriptionMeta Keywords
Artikel tentang cara budidaya gurami dari telur dengan santai dan mudah dipahami. Dapatkan tips dan informasi terkait perkembangan telur gurami hingga masa perkembangan larva gurami.ikan gurami, telur gurami, budidaya ikan, pemijahan ikan, perkembangan larva gurami

Posting Komentar untuk "cara budidaya gurami dari telur"