Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara budidaya ikan bawal dengan kolam terpal

Budidaya Ikan Bawal Dengan Kolam TerpalSource: bing.com

Pendahuluan

Budidaya ikan bawal menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin mencoba usaha di bidang perikanan. Ikan bawal sendiri memiliki tingkat pertumbuhan yang cepat, mudah diperoleh, serta memiliki harga jual yang tinggi di pasaran. Salah satu cara budidaya ikan bawal yang mudah adalah dengan menggunakan kolam terpal. Dalam artikel ini, akan dijelaskan secara lengkap cara budidaya ikan bawal dengan kolam terpal.

Keuntungan Budidaya Ikan Bawal

Meningkatkan Pendapatan

Budidaya ikan bawal dapat menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin meningkatkan pendapatan. Dalam waktu yang relatif singkat, ikan bawal dapat tumbuh hingga mencapai ukuran yang siap untuk dipanen. Harga ikan bawal yang stabil juga menjadi salah satu keuntungan dalam budidaya ikan bawal.

Menjaga Keseimbangan Lingkungan

Budidaya ikan bawal tidak hanya memberikan keuntungan finansial, tetapi juga dapat menjaga keseimbangan lingkungan. Dengan dibudidayakan secara teratur, ikan bawal dapat membantu mengurangi tekanan terhadap populasi ikan di alam liar.

Cara Budidaya Ikan Bawal Dengan Kolam Terpal

Memilih Lokasi Kolam Terpal

Lokasi kolam terpal harus dipilih dengan benar. Pilih lokasi yang bersih dan jauh dari sumber polusi. Jangan pilih lokasi yang rentan banjir atau rawan longsor. Pastikan lokasi kolam terpal terkena sinar matahari dan memiliki akses air yang mudah.

Membuat Kolam Terpal

Siapkan terpal PVC atau plastik tebal dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Ukuran kolam terpal yang ideal adalah 2 x 3 meter dengan kedalaman sekitar 1,5 meter. Pastikan bagian bawah kolam terpal tertutupi rapi agar tidak bocor. Setelah itu, isi kolam terpal dengan air bersih hingga penuh.

Melakukan Proses Pengendapan Air

Setelah kolam terisi penuh, biarkan air dalam kolam terpal mengendap selama 2-3 hari agar air stabil dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Proses pengendapan air sangat penting agar ikan bawal bisa hidup dan tumbuh dengan baik di dalamnya.

Menambahkan Pupuk Organik Dan Pakan

Setelah air stabil, tambahkan pupuk organik ke dalam kolam terpal. Pupuk organik berfungsi sebagai nutrisi tambahan bagi ikan bawal. Selanjutnya, berikan pakan kepada ikan bawal secara teratur. Pakan yang diberikan bisa berupa pelet ikan yang tersedia di pasaran atau pakan alami seperti cacing, ulat, atau ikan kecil.

Mengontrol Suhu Air

Suhu air sangat penting untuk kesehatan ikan bawal. Pastikan suhu air di dalam kolam terpal selalu stabil. Untuk menjaga suhu air, bisa dilakukan dengan cara mengatur intensitas sinar matahari yang masuk ke dalam kolam terpal. Jika suhu air terlalu tinggi, kurangi intensitas sinar matahari atau tambahkan air bersih. Jika suhu air terlalu rendah, tambahkan terpal atau bahan isolasi tambahan di sekitar kolam terpal.

Menjaga Kualitas Air

Kualitas air harus selalu dijaga agar ikan bawal dapat hidup dan tumbuh dengan sehat. Lakukan penggantian air secara rutin jika terdapat kandungan bahan kimia atau kotoran dalam air. Pastikan pH air tetap stabil antara 7-8 dengan cara menggunakan bahan penjaga pH.

FAQ

Q: Berapa jumlah ikan bawal yang dapat dipelihara dalam satu kolam terpal?

A: Jumlah ikan bawal yang dapat dipelihara dalam satu kolam terpal tergantung pada ukuran kolam terpal. Idealnya, satu kolam terpal dapat dipelihara sebanyak 100 ekor ikan bawal dengan ukuran panjang 10-15 cm.

Q: Apakah perlu melakukan pembersihan rutin pada kolam terpal?

A: Ya, pembersihan rutin pada kolam terpal sangat penting untuk menjaga kualitas air dan kesehatan ikan bawal. Lakukan pembersihan rutin setiap 2 minggu sekali dengan menguras setengah air di dalam kolam terpal dan membersihkan dinding samping kolam terpal.

Kesimpulan

Budidaya ikan bawal dengan kolam terpal merupakan salah satu alternatif bagi masyarakat yang ingin mencoba usaha di bidang perikanan. Dalam melakukan budidaya ikan bawal, perlu diperhatikan faktor-faktor penting seperti lokasi kolam, kualitas air, suhu air, dan pengendalian pakan dan pupuk organik. Dengan menjaga kondisi kolam dan kualitas air dengan baik, ikan bawal dapat tumbuh dengan optimal dan memberikan keuntungan finansial yang besar.

Jumlah populasiPanjang (cm)Berat (gram)
100 ekor10-15 cm80-120 gram

Posting Komentar untuk "cara budidaya ikan bawal dengan kolam terpal"