Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara budidaya ikan dalam drum

Cara Budidaya Ikan Dalam DrumSource: bing.com

Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan protein hewani adalah dengan budidaya ikan. Tak perlu tempat yang luas, budidaya ikan dalam drum bisa menjadi alternatif bagi yang memiliki lahan terbatas. Bagaimana cara budidaya ikan dalam drum? Yuk, simak penjelasan berikut.

Persiapan Drum

Pertama-tama, tentukan ukuran drum yang akan digunakan. Drum yang dijadikan kolam ikan umumnya berukuran 200 liter atau lebih. Pastikan drum yang digunakan belum pernah digunakan untuk menyimpan bahan beracun dan telah bersih. Bersihkan drum dengan air dan sabun hingga tidak ada sisa-sisa kotoran.

Memasang Aksesoris Drum

Sebelum dimasukkan ke dalam drum, aksesoris seperti aerator, pompa air, dan filter sudah harus dipasang terlebih dahulu. Aerator berfungsi untuk menyediakan oksigen bagi ikan. Pompa air dan filter akan membantu menjaga kualitas air dalam drum tetap baik.

Mengisi Air ke dalam Drum

Setelah memasang aksesoris, drum dapat diisi air. Masukkan air setengah dari kapasitas drum terlebih dahulu. Biarkan air dalam drum selama 24 jam agar kandungan klorin dan kadar pHnya stabil.

Memilih Jenis Ikan

Pilih jenis ikan sesuai dengan kondisi daerah. Jika suhu daerah cenderung panas, ikan lele atau patin dapat dipilih. Sedangkan jika suhu daerah cenderung dingin, ikan mas atau ikan koi bisa menjadi pilihan. Jangan lupa untuk memilih bibit yang sehat dan berasal dari peternak yang terpercaya.

Menyiapkan Pakan

Ikan perlu diberi makan agar bisa tumbuh dengan optimal. Berikan pakan ikan yang tepat sesuai dengan jenis ikan yang dipilih. Pakan ikan bisa dibeli di toko perikanan. Selain itu, dapat juga membuat pakan ikan sendiri dari bahan-bahan alami seperti pelet ikan atau cacing tanah.

Memelihara Ikan

Lakukan perawatan terhadap ikan seperti mengganti air secara rutin setiap 3-4 hari sekali, membersihkan aerator dan pompa air, serta memberikan pakan secara teratur. Periksa juga kesehatan ikan secara berkala, apabila ada tanda-tanda sakit segera lakukan pengobatan.

Keuntungan Budidaya Ikan dalam Drum

Budidaya ikan dalam drum memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

  • Tidak memerlukan lahan yang luas
  • Bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan
  • Potensi profit yang tinggi
  • Dapat dijadikan sebagai sumber pangan keluarga

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa yang dibutuhkan untuk budidaya ikan dalam drum?

Apa yang dibutuhkan untuk budidaya ikan dalam drum?

Untuk budidaya ikan dalam drum, dibutuhkan drum yang bersih dan belum pernah digunakan untuk menyimpan bahan beracun, aksesoris seperti aerator, pompa air, dan filter, bibit ikan yang sehat, serta pakan ikan yang tepat.

Apa jenis ikan yang cocok untuk dibudidayakan dalam drum?

Jenis ikan yang cocok untuk dibudidayakan dalam drum tergantung pada suhu daerah. Jika suhu daerah cenderung panas, ikan lele atau patin dapat dipilih. Sedangkan jika suhu daerah cenderung dingin, ikan mas atau ikan koi bisa menjadi pilihan.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memelihara ikan dalam drum?

Waktu yang dibutuhkan untuk memelihara ikan dalam drum tergantung pada jenis ikan yang dipilih dan kondisi lingkungan. Umumnya, waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 3-6 bulan.

Kesimpulan

Budidaya ikan dalam drum bisa menjadi alternatif bagi yang memiliki lahan terbatas. Dengan persiapan yang tepat dan perawatan yang baik, budidaya ikan dalam drum bisa menjadi sumber penghasilan tambahan dan sumber pangan keluarga.

Jenis IkanBerat Rata-rata (gr)Waktu Panen (bulan)Harga Jual (/kg)
Ikan Mas300-5004-615.000 - 30.000
Ikan Koi500-7006-850.000 - 100.000
Ikan Lele100-2003-420.000 - 35.000
Ikan Patin300-5006-825.000 - 40.000

Posting Komentar untuk "cara budidaya ikan dalam drum"