Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara budidaya ikan gurame di sawah

Cara Budidaya Ikan Gurame Di SawahSource: bing.com

Pengenalan

Ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang populer di Indonesia. Selain rasanya yang lezat, ikan gurame juga mudah ditemukan di pasaran. Namun, jika Anda ingin mencoba budidaya ikan gurame sendiri, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menanam ikan gurame di sawah. Cara ini terbilang mudah dan cocok untuk Anda yang tinggal di daerah pedesaan.

Persiapan

Sebelum memulai budidaya ikan gurame di sawah, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pertama-tama, pilihlah lokasi yang tepat untuk menanam ikan gurame. Biasanya, sawah yang sudah tidak digunakan untuk pertanian bisa dimanfaatkan untuk budidaya ikan gurame. Pastikan juga ketersediaan air yang cukup, baik dari sungai maupun sumber air lainnya.

Setelah itu, buatlah kolam dengan ukuran yang cukup. Kolam ini bisa dibuat dengan menggunakan bahan-bahan seperti terpal atau plastik. Pastikan kolam tersebut berada di tempat yang cukup terkena sinar matahari dan tidak terlalu banyak terkena angin.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

  • Terpal atau plastik untuk membuat kolam
  • Jaring untuk menampung ikan
  • Pakan ikan gurame
  • Bibit ikan gurame
  • Kapur untuk menstabilkan kadar pH air
  • Sedotan untuk sirkulasi air

Proses Pembuatan Kolam

Setelah semua bahan dan alat yang diperlukan tersedia, langkah selanjutnya adalah membuat kolam. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Bersihkan dan ratakanlah tempat yang akan dijadikan kolam.
  2. Siapkan terpal atau plastik yang digunakan untuk membuat kolam. Ukuran tergantung pada kebutuhan dan jumlah bibit ikan yang akan ditampung.
  3. Pasang terpal atau plastik tersebut di tempat yang telah dibersihkan dan diratakan.
  4. Isi kolam dengan air yang diambil dari sumber air yang bersih dan tidak tercemar. Pastikan jumlah air yang digunakan cukup dan tidak terlalu dalam. Ketinggian air sekitar 1-1,5 meter sudah cukup.
  5. Sebarkan kapur ke dalam kolam untuk menstabilkan kadar pH air. Kadar pH yang baik untuk budidaya ikan gurame adalah antara 6,5-7,5.

Setelah kolam selesai dibuat, biarkan air dalam kolam stabil selama 1-2 minggu sebelum menambahkan bibit ikan gurame.

Pembesaran Ikan Gurame

Setelah kolam siap, langkah selanjutnya adalah pembesaran ikan gurame. Berikut tips dan trik untuk membudidayakan ikan gurame di sawah:

Pemilihan Bibit Ikan Gurame

Pilihlah bibit ikan gurame yang sehat dan memiliki ukuran yang seragam. Jangan pilih bibit ikan yang terlalu kecil atau terlalu besar karena bisa mempengaruhi pertumbuhan ikan nantinya.

Pemberian Pakan Ikan Gurame

Pemberian pakan ikan gurame harus dilakukan secara teratur dan cukup. Pakan yang biasa diberikan adalah pelet ikan atau jangkrik. Jangan overfeed, karena bisa mengakibatkan pencemaran air.

Pembersihan Kolam

Perlu dilakukan pembersihan kolam secara rutin untuk menjaga kebersihan air. Pembersihan biasanya dilakukan dengan cara menyedot air dari kolam dan membersihkan kotoran atau sisa-sisa pakan yang menumpuk di dasar kolam.

Panen Ikan Gurame

Ikan gurame bisa dipanen setelah cukup besar, yaitu sekitar 3-4 bulan setelah periode pembesaran dimulai. Biasanya, ukuran ikan yang siap panen adalah sekitar 500-1.000 gram. Untuk memudahkan dalam memanen ikan, bisa menggunakan jaring untuk menampung ikan dan memindahkannya ke tempat yang sudah disiapkan.

Kesimpulan

Budidaya ikan gurame di sawah merupakan salah satu alternatif untuk memperoleh ikan gurame yang sehat dan segar. Meskipun terbilang mudah, tetapi tetap diperlukan persiapan dan perawatan yang baik agar ikan gurame bisa tumbuh dengan optimal. Dengan mengikuti panduan di atas, semoga bisa membantu Anda dalam membudidayakan ikan gurame di sawah.

FAQ

1. Apa saja alat dan bahan yang diperlukan untuk membudidayakan ikan gurame di sawah?

Alat dan bahan yang diperlukan antara lain terpal atau plastik untuk membuat kolam, jaring untuk menampung ikan, pakan ikan gurame, bibit ikan gurame, kapur untuk menstabilkan kadar pH air, dan sedotan untuk sirkulasi air.

2. Bagaimana cara merawat kolam untuk budidaya ikan gurame?

Kolam perlu dirawat secara teratur untuk menjaga kebersihan air. Pembersihan bisa dilakukan dengan menyedot air dari kolam dan membersihkan kotoran atau sisa-sisa pakan yang menumpuk di dasar kolam.

3. Kapan ikan gurame bisa dipanen setelah pembesaran dimulai?

Ikan gurame bisa dipanen setelah sekitar 3-4 bulan dari periode pembesaran dimulai. Ukuran ikan yang siap panen adalah sekitar 500-1.000 gram.

Posting Komentar untuk "cara budidaya ikan gurame di sawah"