Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara budidaya jamur merang media jangel jagung

Jamur MerangSource: bing.com

Pendahuluan

Jamur merang merupakan salah satu jenis jamur yang cukup populer di Indonesia karena rasanya yang lezat dan khas. Selain itu, budidaya jamur merang juga dapat memberikan keuntungan finansial yang cukup menggiurkan. Namun, untuk memulai budidaya jamur merang, dibutuhkan media yang tepat seperti media janggel jagung. Pada artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah cara budidaya jamur merang dengan menggunakan media janggel jagung.

Langkah-langkah Budidaya Jamur Merang Media Janggel Jagung

1. Persiapan Media Janggel Jagung

Untuk memulai budidaya jamur merang, pertama-tama kita harus menyiapkan media yang akan digunakan. Media janggel jagung adalah media yang umumnya digunakan untuk budidaya jamur merang. Pertama, siapkan jagung yang sudah kering sebanyak 2 kg. Jagung kemudian dicuci dan direndam dalam air selama 24 jam, kemudian direbus selama 30 menit hingga jagung empuk. Setelah jagung dingin, tiriskan dan biarkan hingga agak kering. Sebelum dipakai, pastikan media janggel jagung sudah steril agar tidak terkontaminasi oleh bakteri atau jamur lain.

2. Pembuatan Cairan Benih

Setelah media janggel jagung disiapkan, pembuatan cairan benih adalah tahap selanjutnya. Benih jamur merang dapat diperoleh dari peternak jamur atau dapat dibuat sendiri. Cara membuat cairan benih adalah dengan memotong sekitar 300-500 gr jamur merang dan direndam dalam air selama 24 jam. Setelah direndam, masukkan jamur ke dalam blender dan haluskan hingga cairan terbentuk. Cairan benih kemudian disimpan dalam botol kaca steril dan ditempatkan di tempat yang teduh.

3. Penanaman Benih jamur

Setelah media janggel jagung dan cairan benih sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah menanam benih jamur merang. Ambil 200 gr media janggel jagung dan masukkan ke dalam wadah yang sudah disterilkan. Kemudian tuangkan 100 ml cairan benih ke atas media jagung. Biarkan selama 3-4 hari hingga benih tertutupi oleh miselium jamur.

4. Pemeliharaan Jamur Merang

Setelah benih jamur merang tumbuh dengan baik, langkah selanjutnya adalah memelihara jamur merang. Jamur merang membutuhkan suhu yang stabil antara 25-30 derajat Celsius dan kelembaban 80-90%. Pastikan tempat tumbuh jamur selalu steril dan terhindar dari sinar matahari langsung. Siram media janggel jagung secukupnya setiap hari dan pastikan media tetap lembab.

5. Pemanenan Jamur Merang

Pemanenan jamur merang biasanya dapat dilakukan pada hari ke-15 hingga hari ke-20 setelah penanaman benih. Panen jamur merang dilakukan dengan memotong tangkai jamur dengan menggunakan pisau atau gunting yang sudah disterilkan. Jangan mencabut jamur dengan tangan karena dapat merusak media janggel jagung dan juga jamur.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apa saja persyaratan penting dalam budidaya jamur merang?
Beberapa persyaratan penting dalam budidaya jamur merang antara lain media yang tepat, cairan benih yang baik, suhu dan kelembaban yang tepat, serta tempat yang steril.
Apa keuntungan yang dapat diperoleh dari budidaya jamur merang?
Budidaya jamur merang dapat memberikan keuntungan finansial yang cukup menggiurkan untuk dijadikan bisnis. Selain itu, jamur merang juga sangat baik untuk kesehatan karena mengandung banyak nutrisi.
Apakah benih jamur merang dapat dibuat sendiri?
Ya, benih jamur merang dapat dibuat sendiri dengan cara mencuci dan merendam jamur merang, lalu haluskan dalam blender hingga menjadi cairan.

Kesimpulan

Dari langkah-langkah di atas, dapat disimpulkan bahwa budidaya jamur merang dengan media janggel jagung cukup mudah dilakukan. Pastikan media janggel jagung dan cairan benih sudah dikondisikan dengan baik, serta lakukan pemeliharaan jamur merang secara teratur. Dengan melakukan budidaya jamur merang dengan benar, kita dapat memanfaatkan hobi menjadi bisnis yang menguntungkan.

Media BudidayaKelebihanKekurangan
Janggel JagungMudah didapat dan murahKalah produktif dibandingkan media lain
Sekam BakarProduktif dan kualitas jamur bagusMempunyai bau yang kurang sedap
SawitProduktif dan kualitas jamur bagusSulit didapat dan harganya mahal

Posting Komentar untuk "cara budidaya jamur merang media jangel jagung"