tanaman semangka dan cara budidayanya

Daftar Isi
Gambar Tanaman SemangkaSource: bing.com

Tanaman semangka merupakan salah satu jenis tanaman yang populer di Indonesia. Selain menjadi buah favorit, semangka juga memiliki nilai komersial yang tinggi. Maka tidak heran jika banyak petani yang tertarik untuk membudidayakan tanaman semangka. Namun, sebelum membudidayakan tanaman semangka, ada beberapa hal yang perlu dipelajari terlebih dahulu.

Persiapan Lahan dan Benih Semangka

Membuat Lahan Tanam

Sebelum membudidayakan tanaman semangka, petani harus menyiapkan lahan yang ideal untuk tanaman semangka. Lahan yang ideal untuk tanaman semangka adalah lahan yang cukup subur, terhindar dari banjir, memiliki sistem drainase yang baik, dan memiliki ketinggian yang cukup untuk meminimalkan risiko terjadinya perendaman akar.

Membeli Benih

Setelah lahan siap, petani harus membeli benih semangka yang berkualitas. Benih semangka yang baik akan menghasilkan buah yang baik pula. Petani dapat membeli benih semangka di toko pertanian atau langsung dari produsen benih ternama.

Membuat Bedengan

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, petani dapat membentuk bedengan yang terdiri dari dua atau tiga baris semangka. Setiap baris sebaiknya memiliki jarak minimal 50 cm dan lebar bedengan dapat disesuaikan dengan jumlah baris semangka yang akan ditanam. Bedengan harus dibuat dengan jarak antar bedengan minimal 1 meter untuk memudahkan akses saat melakukan perawatan tanaman semangka.

Penanaman Benih Semangka

Menanam Benih Semangka di Bedengan

Setelah bedengan siap, petani dapat menanam benih semangka di bedengan tersebut. Lubangi bedengan dengan jarak sekitar 30 cm dan masukkan benih semangka ke dalam lubang tersebut. Tutup benih dengan tanah yang sudah dicampur pupuk kandang untuk memberikan nutrisi yang cukup kepada tanaman semangka.

Perawatan Tanaman Semangka

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, petani harus melakukan perawatan tanaman semangka secara rutin. Beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain:

  • Penyiraman
  • Pemupukan
  • Pembersihan gulma
  • Pengendalian hama dan penyakit

Panen Semangka

Menentukan Waktu Panen

Waktu panen semangka dapat ditentukan dengan melihat tanda-tanda buah sudah matang. Buah semangka yang sudah matang akan memiliki warna kulit yang cerah dan rasa yang manis. Petani dapat memeriksa kematangan semangka dengan mengetuk bagian luar buah, jika terdengar bunyi yang matang dan kering maka semangka siap untuk dipanen.

Memanen dan Memanipulasi Buah Semangka

Setelah memastikan buah semangka siap dipanen, petani dapat memanen buah semangka dengan hati-hati agar tidak merusak buah. Seleksi juga harus dilakukan untuk memastikan hanya buah semangka yang berkualitas yang akan dijual. Semangka yang tidak layak jual dapat dijadikan pupuk kandang.

Kesimpulan

Budidaya tanaman semangka membutuhkan persiapan yang matang. Petani harus menyiapkan lahan yang ideal dan benih semangka yang berkualitas, membuat bedengan yang ideal, menanam benih semangka secara benar, dan melakukan perawatan agar tanaman semangka dapat tumbuh subur. Dalam panen semangka, petani harus memerhatikan tanda-tanda buah sudah matang dan memanen buah semangka dengan hati-hati agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Jenis BenihPerkiraan Harga
Jenis Benih ARp. 100.000,-
Jenis Benih BRp. 85.000,-
Jenis Benih CRp. 75.000,-

Posting Komentar