tata cara budidaya jamur merang

Daftar Isi
Budidaya Jamur MerangSource: bing.com

Jamur merang merupakan salah satu jenis jamur yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Selain itu, jamur merang juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, budidaya jamur merang menjadi salah satu pilihan bagi para petani. Bagaimana cara budidaya jamur merang? Simak ulasan berikut.

Persiapan Lahan

Pilih Lokasi yang Tepat

Lokasi yang tepat untuk budidaya jamur merang adalah tempat yang cukup teduh dan memiliki ketinggian yang cukup. Pilih lahan yang berada di area yang tidak terkena sinar matahari langsung dan memiliki kelembaban yang cukup tinggi, yaitu sekitar 75-80%.

Buatlah Media Tanam

Siapkan media tanam seperti jerami padi, sekam bakar, kapas, atau daun pisang. Campurkan dengan kapur dolomite yang telah diayak halus dan air. Aduk hingga merata. Setelah itu, letakkan media tanam dalam wadah atau tempat yang sudah disiapkan.

Sterilkan Media Tanam

Sterilkan media tanam dengan cara mencelupkannya dalam air mendidih selama 2-3 jam. Kemudian tiriskan dan diamkan selama beberapa waktu. Setelah itu, media tanam siap digunakan.

Penanaman Jamur

Pilih Bibit Jamur yang Baik

Pilih bibit jamur merang yang sehat dan segar. Sebelum ditanam, rendam bibit jamur dalam air bersih selama 4-5 jam.

Taburkan Bibit Jamur ke Media Tanam

Setelah bibit jamur direndam, taburkan bibit jamur ke atas media tanam yang telah disiapkan. Taburkan bibit jamur secara merata.

Cover Media Tanam dengan Plastik

Cover media tanam dengan plastik atau serat yang sudah dibasahi. Hal ini akan membantu menjaga kelembaban pada media tanam dan mempermudah jamur untuk tumbuh.

Perawatan Jamur Merang

Jaga Kelembaban Media Tanam

Jaga kelembaban media tanam setiap hari dengan menyiramnya dengan air bersih. Pastikan media tanam selalu basah, namun tidak terlalu basah.

Pastikan Kebersihan

Bersihkan media tanam dan wadah setiap minggu sekali. Jangan biarkan media tanam dan wadah terlalu kotor, karena dapat memicu tumbuhnya jamur lain yang tidak diinginkan.

Panen Jamur Merang

Jamur merang siap dipanen setelah 15-20 hari setelah penanaman. Panen jamur merang ketika jamur sudah membesar dan tutupnya masih menutup rapat. Gunakan pisau yang bersih dan tajam untuk memotong jamur merang.

Kesimpulan

Budidaya Jamur Merang Sangat Menguntungkan

Budidaya jamur merang sangat menguntungkan karena memiliki nilai ekonomis tinggi dan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Tata cara budidaya jamur merang yang tepat akan menghasilkan panen yang berkualitas dan memuaskan.

Daftar Kata Kunci
Budidaya Jamur MerangJamur Merang
Media TanamBibit Jamur

Posting Komentar