tata cara budidaya tomat pdf

Daftar Isi
Budidaya TomatSource: bing.com

Pendahuluan

Tomat adalah salah satu tanaman yang cukup populer di kalangan masyarakat. Selain rasanya yang enak, tomat juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak heran, jika banyak orang ingin menanam tomat di rumah mereka.

Manfaat Tomat

  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menjaga kesehatan mata
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Menjaga kesehatan pencernaan

Keuntungan Menanam Tomat di Rumah

  • Lebih sehat, karena tanpa bahan pengawet
  • Lebih praktis untuk memetik tomat yang dibutuhkan
  • Bisa dijadikan sebagai hobi atau usaha sampingan

Benih Tomat

Memilih Benih Tomat yang Baik

Benih tomat yang baik memiliki ciri-ciri yaitu berwarna hitam dan bulat serta tidak cacat. Kemudian, jangan memilih benih yang sudah basah atau berjamur.

Pengolahan Benih Tomat

Setelah membeli benih, rendam benih tomat selama 24 jam dalam air hangat. Setelah itu, keringkan benih dan simpan di tempat yang kering dan sejuk. Lakukan pengolahan benih setidaknya seminggu sebelum penanaman.

Penanaman

Menyiapkan Media Tanam

Media tanam yang baik untuk tomat adalah campuran antara tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Gunakan pot atau wadah yang cukup besar agar tanaman dapat berkembang dengan optimal.

Penanaman Benih

Tata benih tomat pada media tanam dengan jarak 30 cm antara satu benih dengan benih lain. Lubangi media tanam dengan jari Anda sebelum meletakkan benih ke dalamnya, kemudian tutup kembali dengan media tanam. Siram media tanam dengan air dan letakkan pot atau wadah tersebut di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Perawatan Tanaman Tomat

Menyiram Tanaman Tomat

Siram tanaman tomat setiap pagi dan sore hari menggunakan air bersih. Jangan sampai tanaman kelebihan air, karena dapat mengakibatkan akar busuk.

Pemupukan Tanaman Tomat

Lakukan pemupukan setiap 2 minggu sekali dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk organik. Pemberian pupuk kandang yang teratur akan membuat pertumbuhan tanaman tomat lebih optimal.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Jika ditemukan adanya hama atau penyakit pada tanaman tomat, segera ambil tindakan pengendalian untuk mengatasinya. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan insektisida atau fungisida.

Pemanenan Tomat

Waktu Pemanenan Tomat

Tomat biasanya siap dipanen setelah 3 bulan penanaman. Ciri-ciri tomat yang sudah siap panen yaitu tomat sudah berukuran besar dan warnanya merah menyala.

Cara Memanen Tomat

Memanen tomat cukup mudah, Anda hanya perlu memetik tomat dengan cara memutar tangkainya. Sebaiknya memetik tomat pada pagi atau sore hari, karena tomat akan lebih segar dan matang.

Simpan Tomat dengan Baik

Simpan tomat dalam kulkas atau tempat yang sejuk dan kering agar tomat tetap segar dan tahan lebih lama.

Kesimpulan

Dari artikel ini, dapat disimpulkan bahwa budidaya tomat tidaklah sulit dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Selain itu, dengan menanam tomat di rumah, Anda dapat memperoleh manfaat yang lebih banyak dibandingkan dengan membelinya di pasar. Jangan lupa untuk merawat tanaman tomat dengan baik dan menyimpan hasil panennya dengan benar.

TanggalKegiatan
1Penanaman benih
14Pemupukan pertama
21Penyiraman dan pengendalian hama
30Pemanenan tomat

Posting Komentar